Judas Harap Kehadiran Sirkuit RMS Buka Peluang Bagi UMKM

  • Bagikan
TINJAU PEMBANGUNAN SIRKUIT. Kepala BKPSDM Kota Palopo, Farid Kasim Judas dan Wali Kota Palopo Judas Amir saat meninjau progres pembangunan sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) di Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Jumat (10/2/2023). (FOTO:JAYA/RAKYATSULSEL)

PALOPO, RAKYATSULSEL - Wali Kota Palopo, Judas Amir meninjau progres pembangunan sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) di Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Jumat (10/2/2023).

Dalam kunjungannya, Judas Amir meminta kepada penyelenggara, agar memperhatikan dan memaksimalkan akses ke lokasi sirkut agar peluag para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terbuka lebar.

"Minimal masyarakat sekitar bisa jual minuman, makanan ringan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Apalagi, Judas menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo akan segera memasang listrik.

"Listrik yang belum dipasang, mungkin bisa segera dipasang, tidak perlu menunggu setelah pengaspalan. Jika bisa, pikirkan pemakaian listrik tenaga surya," tutur Wali Kota Palopo dua periode ini.

Judas menambahkan, untuk akses saluran air bersih harus diprioritaskan dan dipikirkan termasuk sarana prasarana lainnya.

"Jangan hanya sekedar selesai (pembagunan), namun sarana pendukungnya belum, dipikirkan ," tegas Judas.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Palopo, Farid Kasim Judas yang mendampingi Judas Amir meninjau sikuit menyampaikan sejumlah usulan kepada penyelenggara pembangunan sirkut.

Ia meminta agar mempertimbangkan aspek keselamatan pembalap dan penonton. "Jangan sampai kita hanya mau sirkuitnya jadi, tapi abai terhadap aspek ini, keselamatan pembalap dan penonton," bebernya setelah melihat jalur lintasan yang berbatasan langsung dengan tembok pembatas.

Begitupun tribun penonton, lanjut Farid Kasim, tak lepas dari perhatian FKJ. FKJ meminta agar jarak antara tribun penonton tidak terlalu jauh dengan race lintasan.

"Kitakan kemari ingin menonton, kalau jaraknya terlalu jauh, kurang nyaman, kurang sreg juga bagi kita para penonton," tutupnya.

Pada peninjauan sirkuit rencananya akan digelar event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Road Race dan Sulawesi Cup Race 2023 pada Juli-Agustus mendatang, wali kota didampingi Kepala Bappeda Kota Palopo, Kadis PU, Kepala BKPSDM dan sejumlah pejabat lingkup Pemkot Palopo. (Jaya/B)

  • Bagikan