Lagi, Balita Asal Karanrang Meninggal Akibat Demam Typoid dan Cacingan Akut

  • Bagikan
Sejumlah balita asal Pulau Karanrang yang dilarikan ke RS Batara Siang, beberapa waktu lalu, karena demam typoid dan cacingan akut.

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Penyakit demam tipoid di pulau Karanrang, Desa Mattiro Bulu, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara masih mewabah bahkan kembali memakan korban.

Balita Rahmatullah harus meregang nyawa di Rumah Sakit Batara Siang Pangkep, Minggu (19/02/2023) akibat penyakit misterius ini.

"Iye tapi bukan cacingan," ujar kepala desa, Mattiro Bulu Mutmainnah, Senin (20/02/2023).

Total sudah 4 warga Pulau Karanrang meninggal dunia akibat penyakit demam Typoid yang disertai kecacingan.

Meski menampik bukan gejala cacingan, namun informasi yang diperoleh melalui tenaga kesehatan RSBS menemukan adanya telur cacing pada fases (kotoran) bayi malang tersebut.

"Pasien masuk sudah dalam keadaan kejang, dan kekurangan darah (anemis), sudah diperiksa fesesnya ada ditemukan telur cacing," singkat salah satu nakes yang tidak ingin disebut namanya.

Hingga saat ini dinas kesehatan kabupaten Pangkep, belum memberi penjelasan terkait penyakit yang mewabah di pulau Karanrang tersebut.

Bahkan diketahui pihak Kementerian Kesehatan hingga saat ini belum menerima laporan terkait penyakit massal di Pulau Karanrang. Meski belum ada hasil akurat, pihak Dinas Kesehatan kabupaten Pangkep, langsung memberi obat cacing untuk warga. (*)

  • Bagikan