Sambut HJS ke 459, Bupati ASA Resmikan Dua Sentra Industri dan Gedung RSUD Tipe D Sinjai Selatan

  • Bagikan
Bupati ASA saat meresmikan Sentra Industri Peternakan di Sinjai Selatan. (Foto: Dok.Kominfo).

SINJAI, RAKYATSULSEL- Puncak Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 459 Tahun akan digelar pada tanggal 27 Februari 2023.

Berbagai kegiatan pun diselenggarakan jajaran pemerintah Daerah dalam menyambut HJS tersebut.

Termasuk, peresmian Sentra Industri Logam di Kecamatan Bulupoddo oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) pada Kamis, (23/2/2023).

Selain itu, Bupati juga menyempatkan diri meresmikan Gedung Rumah Sakit Tipe D dan Sentra Industri Peternakan di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai pada Jum'at, (24/2/2023).

Terkait peresmian Setra Induatri Logam di Kecamatan Bulupoddo, Bupati ASA berharap agar kualitas produk yang dihasilkan oleh pengrajin logam dapat meningkat.

"Kami mendorong pelaku usaha agar bisa lebih maju dan berkembang. Dengan adanya sentra ini, kami berharap bisa betul-betul menjadi tempat untuk meningkatkan kualitas produksi logamnya. Karena alhamdulilah yang diberikan bukan hanya tempat, tapi disediakan juga peralatannya,"ujarnya.

Selain itu, ASA juga mengharapkan agar sentra industri ini menjadi sarana untuk menyerap tenaga kerja. Sehingga perekonomian dapat terus meningkat.

"Harapan kami, bapak dan ibu yang dibina ini bisa berkembang dan bisa menyerap tenaga-tenaga kerja yang baru. Kami punya harapan yang sangat besar dengan adanya sentra logam ini di Kabupaten Sinjai," harapnya.

Ia juga mengingatkan kepada para pengrajin logam untuk menjaga fasilitas yang telah disiapkan oleh pemerintah.

"Tempat ini saya minta dipelihara dan dijaga dengan baik. Mudah-mudahan Sinjai bisa dikenal dengan hasil produksi logamnya,"ucapnya.

Sementara, Gedung RSUD Tipe D atau Rumah Sakit Pratama Bulupaccing Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan, Kata ASA setelah peresmian dan izin operasionalnya sudah ada, maka pelayanan kesehatan di masyarakat khususnya dibeberapa kecamatan yang bersebelahan dengan kecamatan Sinjai Selatan sudah dekat.

“Semoga hadirnya RSUD Bulu Paccing pelayanan kesehatan masyarakat bisa lebih dekat lagi karena akses dari Sinjai Selatan ke RSUD Sinjai tergolong jauh ,” ucapnya.

Selain itu, Kehadiran RSUD Bulu Paccing juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga sekitar, pasalnya akan banyak peluang usaha yang akan terbangun, mulai dari tempat penginapan atau indekos hingga peluang usaha lainnya seperti usaha masakan jadi.

Termasuk kata dia, akan menyerap banyak tenaga kerja yang bakal mengisi beberapa jabatan hingga profesi lainnya dalam mendukung operasional RSUD Bulu Paccing.

“Dari segi ekonomi Insya Allah akan ramai ditempat ini, banyak peluang usaha yang bisa kita dirikan. Harapan saya nantinya dengan beroperasinya RSUD ini, akan membuka lapangan kerja yang akan bekerja disini,” jelasnya.

Sedangkan Sentra Industri Peternakan yang telah diresmikan oleh Bupati ASA diharapkan agar para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang menempati sentra tersebut dapat berkembang dan lebih baik lagi.

Selain itu, pelaku IKM dapat memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun ini dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas produk yang diminati oleh masyarakat.

Hal tersebut kata dia, penting menjadi perhatian pelaku IKM sebab tidak hanya fasilitas gedung atau rumah produksi saja, akan tetapi peralatan produksi juga disiapkan di sentra ini.

"Saya berharap kita bisa lebih baik lagi, lebih inovatif, banyak kreatifitas dan betul-betul bisa menjadi produk yang bisa dijual ke masyarakat," harapnya.

Terakhir, ASA juga mengharapkan agar sentra tersebut juga berdampak pada perekonomian dan perkembangan produk olahan hasil peternakan. "Mudah-mudahan kehadiran sentra peternakan IKM lebih berkembang sehingga bisa menopang perekonomian masyarakat apalagi pelaku IKM ikut menyerap tenaga kerja," ucapnya. (*).

  • Bagikan