Bupati Barru Teken MoU Tol Laut dengan 5 Kepala Daerah

  • Bagikan

BALIKPAPAN, RAKSUL.CO - Langkah konkrit Pemerintah Kabupaten Barru dalam percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat di Kabupaten Barru ditunjukkan pemerintah Kabupaten Barru dalam bentuk MoU dengan 5 daerah Kabupaten/Kota sekaligus.

Hal ini tentunya sejalan dengan program pemerintah pusat terkait daerah penyangga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku Penajam yang pembangunannya sedang di genjot.

Adapun Nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan (Tol Laut) ditandatangani di Kota Balikpapan, Kaltim Senin (20/3/2023).

Gagasan Bupati Barru Ir H. Suardi Saleh terkait kerjasama pengembangan perekonomian daerah melalui pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan dan penyeberangan akhirnya terwujud.

Menurut Bupati Barru kerjasama tersebut digagas bersama Bupati Kota Baru Kalimantan Selatan, Bupati Mamuju, Bupati Pasangkayu Sulawesi Barat. Walikota Bontang dan Walikota Balikpapan Kalimantan Timur.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Pemkab Barru, Dr Andi Batara, S.STP, M.Si mengatakan, untuk mendukung kelancaran kerjasama tersebut, disamping membentuk sekretariat kerjasama,"jelasnya.

Disamping itu masing-masing daerah akan menyediakan data dan informasi kebutuhan, produksi dan fluktuasi harga pasar komoditi pangan dan non pangan," terangnya.

"Dan 95 % kebutuhan pokok masyarakat balikpapan dan bontang itu di suplai dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan yang intinya ke depan bahwa Pelabuhan Garongkong akan menjadi salah satu akses utama transportasi laut pelabuhan antar daerah," ujarnya.

Selain itu lanjut Batara, semua pihak akan memfasilitasi proses perizinan operasional pelabuhan dan penyeberangan termasuk memfasilitasi penyediaan fasilitas pokok dan fasilitas penunjang di pelabuhan dan penyeberangan.

"Perjanjian kerjasama ini berlaku untuk tiga tahun pertama dan dapat diperpanjang dan diakhiri berdasarkan kesepakatan para pihak," tandas Batara.

"Yang bertanda tangan dalam perjanjian kerjasama tersebut, Bupati Barru (Sulsel) Ir H Suardi Saleh.Bupati Kota Baru (Kalsel) Sayed Jafar. Bupati Mamuju (Sulbar) Sitti Sutinah Suhardi. Walikota Bontang (Kaltim) Basri Rase. Bupati Pasangkayu (Sulbar) Yaumil Ambo Djiwa dan Walikota Balikpapan (Kaltim) Rahmad Mas'ud," tutup Batara.

Kemudian usai penandatangan MoU tersebut, Bupati Barru H. Suardi Saleh bertolak menuju Jakarta guna menerima penghargaan Baznas Award dari Baznas pusat yang penyerahannya dijadwalkan besok, Selasa 21 Maret 2023.Turut hadir mendampingi beberapa Kepala OPD dari Kabupaten Barru. (*)

  • Bagikan