Puncak Peringatan Hari Otda XXVII Suguhkan Penampilan Parade Bendera di Pantai Losari

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII yang akan berlangsung pada tanggal 29 April 2023 mendatang. Peringatan ini mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul’ yang merupakan diskursus Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara langsung.

Pada peringatan puncak Hari Otda XXVII ini akan dipusatkan di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar yang dihadiri sebanyak 546 Kepala Daerah yang terdiri dari 38 gubernur,93 wali kota, dan 415 bupati dan Menteri Dalam Neegeri (mendagri) sebagai inspektur upacara. Dengan menampilkan parade bendera dari 541 kabupaten yang ada di Indonesia, dibawa menggunakan 100 perahu nelayan. Arti dari parade ini sendiri sebagai bukti kebersamaan sesuai dengan tema yang diusung.

"Judul yang kita usulkan, adalah ekonomi maju indonesia unggul, kekompakan otonomi daerah ini jadi momen yang terbaik hari otonomi daerah,' ungkap Danny Pomanto sapaan akrabnya, Minggu (26/3/2023).

Adapun rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Otda XXVII ini yakni seminar nasional, lalu kunjungan ke lorong wisata (longwis), dan pameran inovasi atau malam apresiasi kinerja pemda. Pada pameran inovasi akan ada 3 gubernur, 10 wali kota, 10 bupati yang akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat yang berlangsung di hotel Four Point by Sheraton Kota Makassar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan terpilihnya kota Makassar sebagai tuan rumah karena pihak Kemendagri menilai konsep yang dihadirkan oleh Pemkot merupakan hal yang baru. Apalagi, peringatan ini baru kembali digelar setalah tiga tahun ditiadakan karena kondisi pandemi Covid-19.

"Pimpinan Kemendagri menyatakan bahwa ini konsep yang sangat baru yang kita sajikan, belum ada pernah sebelumnya. Ini setelah pasca pandemi kita buat sesuatu yang lebih produktif, lebih berkualitas dan lebih terintegrasi," ujar Danny.

Rencananya, Peringatan Hari Otda XXVII ini akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. "Bapak-bapak dari Kemendagri mempersiapkan undangan untuk beliau, selama ini pak mentri yang hadir, tapi karena dianggap acara ini cukup bagus sayang kalau tidak mengundang beliau," jelas Danny.

Danny menegaskan bahwa Makassar sudah siap dalam pagelarannya. "Makassar siap menyambut kedatangan para kepala daerah. Kepercayaan sebagai tuan rumah peringatan hari otonomi daerah menjadi kehormatan bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar," ucap Danny Pomanto. (sasa/B)

  • Bagikan