Balai Bahasa Sulsel Dorong Penulis Sulbar Buat Cerita Anak dengan Bahasa Daerah

  • Bagikan
Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah.

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Dinas Perpustakaan Kabupaten Mamuju dan Balai Bahasa Sulawesi Selatan mengelar sosialisasi Literasi Penyedia Cerita Anak PAUD dan SD. 

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan (Sulsel) Dr. Ganjar Harimansyah mengatakan, Balai bahas Sulsel saat ini sedang menggiatkan  literasi, salah satunya dengan adalah penyediaan bacaan cerita anak untuk anak PAUD dan SD. 

Untuk memperkaya buku bacaan untuk anak  PAUD dan SD dengan salah satu program penerjemahan dan penulisan cerita anak dui Bahasa, yakni dari bahasa daerah ke Bahasa Indonesia. Dan nantinya temannya berdasarkan cerita- cerita tematik budaya setempat.

Sehingga itu, Balai bahasa Sulsel mendorong agar kirinya para penulis yang ada di Sulawesi Barat, untuk bisa ikut serta dalam kegiatan ini.

"Kami mendorong para penulis di Sulawesi Barat untuk ikut serta dalam penulisan cerita anak ini, terutama yang mengangkat bahasa daerah yang ada di Sulawesi Barat, selain Mandar, Mamuju dan sebagainya," terang Ganjar saat di temui Rakyatsulsel, Kamis (4/5).

Ganjar menyampaikan, hasil dari cerita tersebut akan di buatkan Buku, dan nantinya buku tersebut akan di cetak secara  digital, dan cerita tersebut akan di masukkan di Buku digital Kemdikbud.go.id, dan di laman penerjemah Kemdikbud.go.id.

"Jadi buku ini bisa diakses oleh semua orang, bukan hanya di Sulbar  dan Sulsel saja,"pungkasnya.

Ia menambahkan, hasil buku tersebut akan menjadi bagian koleksi dari buku gerakan literasi nasional. 

"Jadi kami mengharapkan para penulis di Sulbar agar menulis dengan bahasa daerahnya masing-masing dan di terjemahkan ke bahasa Indonesia,"terangnya.

"Kami juga mengharapkan para illustrator yang ada di Sulbar untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini untuk memperkaya Hasana buku anak-anak kita,"sambungnya. (Sdr)

  • Bagikan