Kenang Jasa Pahlawan, Daeng Manye Ziarahi Makam Kareng I Manindori di Malang

  • Bagikan
Mohammad Firdaus Daeng Manye saat melakukan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan I Manindori Kareng Tojeng di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (9/5/2023).

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Bakal Calon Bupati Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye beserta rombongan melakukan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan I Manindori Kareng Tojeng di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (9/5/2023).

Daeng Manye mengatakan, I Manindori Kareng Tojeng merupakan seorang Raja Galesong yang turut memperjuangkan Kerajaan Gowa dari penjajahan Belanda sekitar tahun 1667 silam.

Menurut Daeng Manye, ziarah ke makam I Manindori Kareng Tojeng sebagai upaya mengenang kembali jiwa juang dan keberanian seorang pejuang asal Makassar. Dengan perjuangan tersebut, Indonesia bisa merdeka dan menjadi bangsa yang besar dan lebih baik lagi seperti sekarang ini.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memberikan penghormatan dan menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Oleh karena itu, kita tidak boleh melupakan dan harus menghargai jasa para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia,” kata Daeng Manye, Selasa (9/5/2023).

Tokoh pemerhati dan sahabat Takalar itu juga mengatakan, dengan memberikan penghormatan dan mengikuti keteladanan perjuangan dan pengorbanan I Manindori Kareng Tojeng, maka ada banyak referensi yang bisa diambil dari seluruh dedikasi Kareng Galesong itu dalam membangun negeri, terutama Takalar.

“Kecintaan para pahlawan pada bangsa Indonesia mengantarkan semangat mereka untuk berjuang merebut kemerdekaan. Hal tersebut tentu perlu dilanjutkan oleh para pemuda pemudi sebagai generasi penerus bangsa. Kita harus senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia, bangga akan bangsa sendiri, dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia secara bersama-sama,” sambung Daeng Manye. (Ady)

  • Bagikan