Target Tinggi PDIP-NasDem

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai NasDem Sulawesi Selatan mematok target tinggi dalam perebutan kursi di parlemen pada Pemilu 2024. Kedua partai ini telah menyetorkan daftar bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum, Kamis (11/5/2023).

Kedua partai tersebut telah menyetorkan 85 nama bacaleg ke KPU Sulsel. Tidak tanggung-tanggung, pengurus kedua partai mematok misi besar dalam perolehan kursi khususnya di Dewan Perwakilan Rakyat RI maupun DPRD Sulawesi Selatan.

Ketua PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri menyatakan pihaknya mematok enam wakil bisa lolos ke Senayan. Jumlah ini naik dua kali lipat dari perolehan kursi pada Pemilu 2019 yakni tiga kursi. Wakil PDIP Sulsel di Senayan saat ini adalah Andi Ridwan Wittiri dari Dapil Sulsel Satu, Samsu Niang dari Dapil Sulsel Dua, dan Sarce Bandaso dari Dapil Sulsel Tiga.

Sementara itu, target perolehan untuk DPRD Sulsel dipatok 15 kursi dari yang saat ini hanya 8 kursi. Menurut Ridwan, pihaknya optimistis dapat memaksimalkan perolehan itu dengan syarat seluruh pengurus dan kader mau bekerja keras.

"Saya diperintahkan meraih enam kursi di DPR RI dan 15 kursi di DPRD Sulsel. Semua dapil bisa menjadi basis bila semua kader dan pengurus all out," ujar Ridwan.

Sekretaris PDIP Sulsel, Rudi Pieter Goni mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan sejumlah bacaleg untuk mendapatkan nomor urut satu di komposisi DCS/DCT. "Semua kader PDIP maju caleg berpeluang dan potensial. Ada beberapa caleg dapat nomor urut satu di dapilnya," ujar dia.

Sementara itu, PDIP Sulsel juga memberi porsi yang banyak bagi bacaleg perempuan. Dari 85 nama yang disetor ke KPU Sulsel, sebanyak 32 orang perempuan. Dari delapan legislator PDIP di DPRD Sulsel, dua nama akan naik kelas yaitu Rudi Pieter Goni dan Andi Kartini Lolo.

Sementara itu, Partai NasDem Sulsel menargetkan perolehan DPR RI menjadi enam kursi dari empat kursi yang ada saat ini. Kader NasDem yang tembus di Senayan pada Pemilu 2019 adalah Rapsel Ali (almarhum) dari Dapil Sulsel Satu, Hasnah Syam dari Dapil Sulsel Dua, Rusdi Masse dan Eva Stevani Rataba dari Dapil Sulsel Tiga.

"Kami target bisa meraih enam kursi pada Pemilu 2024," ujar Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse seusai menyerahkan daftar bacaleg ke KPU Sulsel, kemarin.

Rusdi mengatakan, adapun target pada DPRD Sulsel yakni menjadi pemenang dengan total 20 dari 12 kursi yang ada saat ini.
"Untuk sementara, bacaleg DPRD Sulsel 100 persen sesuai dengan kuota yang disediakan," kata dia.

Menurut dia, seluruh bacaleg NasDem adalah putra-putri terbaik Sulsel yang mengabdikan diri untuk mengawal kepentingan rakyat dengan restorasi perubahan. Rusdi mengatakan, target 20 kursi tersebut harus dicapai agar bisa mengusung sendiri kandidat gubernur pada 2024.

"Sudah saatnya kita bergandeng tangan untuk menjaga pemilu 2024, agar aman dan damai. Semoga tahun ini bisa menjadi tahun politik yang bermanfaat bagi kita semua," ujar dia.

Ketua KPU Sulsel Faisal Amir mengucapkan selamat kepada Partai NasDem dan PDIP yang telah hadir lebih awal untuk mengajukan bacalegnya.

"Pada kesempatan hari ini, kami mengucapkan selamat kepada seluruh partai yang telah datang lebih awal. Hal ini memberikan kesempatan untuk melakukan penginputan," tuturnya.

Dia juga menyampaikan bahwa KPU Sulsel telah menyediakan helpdesk untuk memudahkan para parpol untuk melakukan pendaftaran ataupun pengajuan.

"Alhamdulillah pada hari ini, Partai NasDem dan PDIP telah hadir untuk mendaftar. Secara proses ini sudah ada ketentuan yang berlaku. Kami juga sudah menyiapkan helpdesk kepada partai politik untuk memudahkan para parpol yang ingin mendaftar," ujar dia.

Sementara itu, rombongan DPD NasDem Kota Makassar juga mendatangi KPU Makassar yang berlokasi di Perumnas Antang sekitar pukul 13.55 wita. NasDem Makassar telah memenuhi kuota pendaftaran bacaleg sebanyak 50 orang. Begitu juga dengan keterwakilan perempuan di masing-masing daerah pemilihan.

Di KPU Makassar, rombongan disambut oleh Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi. Dan selanjutnya turut hadir komisioner lainnya, seperti Gunawan Mashar, Endang Sari, dan Abdul Rahman.

Ketua NasDem Makassar, Andi Rachmatika Dewi menyampaikan bahwa pihaknya sudah jauh hari melengkapi berkas pendaftaran. Termasuk pemenuhan regulasi perwakilan perempuan.

"Kalau NasDem sudah selesai dengan isu perempuan, artinya kalau 30 persen keterwakilan itu sudah lengkap," ujar Cicu.

Ketua Komisi D DPRD Sulsel ini menegaskan NasDem Makassar bakal mempertahankan posisi Ketua DPRD Makassar. Meskipun ditinggal dua legislator pertahananya, yakni Rudianto Lallo dan Mario David yang bakal maju sebagai Anggota DPR.

"Kalau di dapil 3 wilayahnya Pak Mario, kami sudah siapkan petarung disitu dan insyaallah pertahankan kursi ketua. Kemudian di Dapil 2, malah kita optimis dapat dua kursi," ujarnya.

"Kami sudah menang pemilu 2014, kita menang Pilkada Kota Makassar 2020. Tentu saja 2024 kita tetap menjadi pemenang, insyaallah," imbuh Cicu. (suryadi-fahrullah/C)

  • Bagikan