Rekomendasi LKPJ ke Gubernur: DPRD Sulsel Minta Pemprov Siapkan Anggaran Pilgub 2024

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Legislator Sulsel Foto Bersama Usai LKPJ 2022

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memberikan sejumlah rekomendari kepada Pemprov Sulsel, dalam hal ini Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Total 11 poin rekomendasi itu, salah satunya adalah terkait kesiapan anggaran pokok dan cadangan untuk mengahadapi Pilgub dan pilkada serentak pada Pemilu 2024 mendatang.

Rekomendari itu tertuang dalam keputusan pimpinan DPRD Sulsel, tahun 2023 atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulsel tahun anggaran 2022. Dalam LKPJ itu, mewakili pimpinan dan anggota Dewan, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Katika Sari menyampaikan beberapa pandangan untuk Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemprov ke depan.

"Karena tidak tersedianya dana cadangan pada APBD 2023 untuk mengantisipasi agar penyelenggaraan pemilu tahun 2024 berlangsung sukses dan tidak bermasalah, dalam hal pendanaan sebagaimana rekomendasi LKPJ tahun sebelumnya, maka direkomendasikan kepada Gubernur mencari solusi sebelum periodesasinya berakhir," demikian bunyi rekomendasi tersebut dibacakan di Paripurna, Senin (15/5).

Poin berikutnya, terkait pembangunan di Kawasan Centre Point Of Indonesia (CPI) yang dilakukan oleh pihak PT Yasmin, maka direkomendasikan untuk yang ketujuh kalinya kepada Gubernur Sulawesi Selatan agar PT. Yasmin segera mengganti lahan Pemerintah Provinsi seluas 12,11 Hektare.

Maka memberi batas waktu kepada PT. Yasmin hingga akhir tahun 2023 ini untuk memberikan kejelasan penggantian lahan seluas 12,11 Hektare dan apabila tidak direalisasikan pada tahun 2023 ini, segala kegiatan investasi yang ada di tempat tersebut dihentikan hingga tersedia lahan pengganti seluas 12,11 Hektare sesuai dengan lahan pengganti yang sama dengan nilai strategis dan ekonomisnya.

  • Bagikan