BPN IKKG Gelar Halal Bihalal 2023, Ketua Umum Awalluddin Tjalla: Kolaborasi Sinergi Masyarakat Gowa untuk Indonesia dan Dunia

  • Bagikan
BPN IKKG Gelar Halal Bihalal

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa (BPN IKKG) akan menggelar Halal Bihalal pada Minggu, 21 Mei 2023 bertempat di Aula Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Jakarta, Ampera, Jakarta Selatan.

Diketahui, BPN IKKG adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang menjadi wadah bagi masyarakat Kabupaten Gowa yang merantau di luar wilayah Sulawesi Selatan, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dimana, BPN IKKG berdiri sejak 1976 di Jakarta, organisasi saat ini dipimpin oleh Prof. Awaluddin Tjalla Daeng Liwang. Ia sebagai Ketua Umum, menghimpun ribuan anggota yang tergabung di dalamnya baik di dalam dan di luar negeri, termasuk di antaranya warga Gowa di Afrika Selatan.

Dari Afrika Selatan, acara ini akan dihadiri secara daring oleh kerabat dan keturunan dari Pahlawan Nasional Syekh Yusuf Al Makassari. Akan hadir pula keluarga dan kerabat Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin Raja Gowa ke-16.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan soliditas keluarga dan masyarakat Gowa yang berada di Jabodetabek dan di berbagai daerah serta di belahan dunia lainnya karena di gelar secara hybrid (luring dan daring).

Halal Bihalal memperkuat sinergi dengan berbagai pihak sebagai bagian dari dinamika sosial dan kemasyarakatan juga pemerintahan di masing-masing wilayah domisili.

“Bulan Ramadan telah berlalu, memberikan kesan dan pesan religius yang sangat mendalam, dilaksanakan sebagai sebuah kewajiban tanpa pandang bulu," ujarnya, Kamis (18/5).

"Tibalah saatnya bagi warga Gowa di mana pun berada untuk saling memaafkan tanpa terkecuali, tanpa batas dan wilayah dalam Temu Kangen dan Halal Bihalal 1444 H/2023 M," tambahnya.

Agenda ini, kata dia, mengambik tema Soliditas dan Sinergitas Untuk Kemaslahatan Bersama. Harapannya, dapat menjadi kesempatan baik untuk silaturahmi keluarga besar IKKG yang saat ini mengabdi lewat berbagai jalur pengabdian.

  • Bagikan