UNICEF dan Dinkes Sulsel Apresiasi Capaian Imunisasi Dasar Lengkap di Bantaeng 117 Persen Lampaui Target

  • Bagikan
Foto bersama Bunda PAUD Bantaeng, Sri Dewi Yanti pasca Wisuda Imunisasi di Tribun Pantai Seruni, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Satu Inovasi kembali lahir di Bantaeng, inovasi bertajuk Wisuda Imunisasi ini digelar di Tribun Pantai Seruni, Kecamatan Bantaeng, Sabtu (3/6).

Wisuda Imunisasi yang berlangsung hari ini merupakan kegiatan pertama yang berlangsung di Indonesia. Kegiatan ini merupakan puncak penyelenggaraan rumah imunisasi yang diawali dengan kegiatan skrining imunisasi, pelaksanaan imunisasi kejar yang melibatkan seluruh stakeholder yang terkait. Tak terkecuali Bunda PAUD mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Desa/Kelurahan.

Dalam sambutannya, acara wisuda imunisasi, Bunda PAUD kabupaten Bantaeng, Sri Dewi Yanti (SDY) mengatakan, wisuda imunisasi ini bentuk kolaborasi dari seluruh pihak dalam memastikan anak-anak Bantaeng mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan imunisasi rutin lengkap sehingga mampu menciptakan generasi bangsa atau SDM yang sehat dan kuat di masa yang akan datang.

“Syukur Alhamdulillah kegiatan Wisuda Imunisasi ini terselenggara berkat kolaborasi seluruh stakeholder mulai dari OPD terkait, Bunda PAUD, Pokja IV PKK, Kepala Puskesmas beserta Korim, Kepala Sekolah, Kader Posyandu, yang bersama-sama memastikan seluruh anak mendapatkan imunisasi yang lengkap,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama turut hadir, Perwakilan dari UNICEF Hengky Wijaya. Dia menyampaikan, keberhasilan Bantaeng mencapai 117% cakupan imunisasi dasar lengkap di tahun 2022 melebihi target yang ditentukan oleh kementerian kesehatan. Capaian ini tercapai berkat adanya dukungan dari Seluruh elemen terhadap pentingnya imunisasi yang sangat kuat di Bantaeng.

“Tahun 2022, Bantaeng berhasil meraih 117 persen capaian imunisasi dasar lengkap. Hal ini terjadi berkat adanya dukungan dari seluruh elemen terhadap pentingnya imunisasi yang sangat kuat di Bantaeng,” ungkap Hengky.

Wisuda Imunisasi ini juga menarik perhatian Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi dr Rosmini Pandin sehingga menyempatkan hadir di Bantaeng. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi salah satu inovasi Puskesmas di Kabupaten Bantaeng, yakni Ulang Tahun di Posyandu. Dia bersemangat untuk mereplikasi inovasi yang kelihatan sederhana namun daya ungkitnya sangat besar dalam menjangkau sasaran di Posyandu.

“Dulu, pemberi pelayanan kesehatan yang memburu anak-anak untuk mendapatkan hak-haknya mendapatkan imunisasi, sekarang kita melakukan kegiatan kejar imunisasi melalui my home my village atau rumah imunisasi dan juga salah satu inovasi yang luar biasa Ulang Tahun di Posyandu. Ini luar biasa, kami akan mereplikasi ini di 24 Kabupaten/Kota se-provinsi Sulawesi Selatan bukan hanya di BBM (Bantaeng, Bone, Makassar),” tambahnya.

Wisuda Imunisasi menghadirkan 642 orang terdiri dari 277 anak didik dari 30 TK/PAUD masing-masing didampingi orang tua, 88 orang tamu undangan dari berbagai stakeholder terkait. Wisuda Imunisasi diakhiri dengan pengalungan medali wisuda, pemberian sertifikat imunisasi dan rapor imunisasi kepada perwakilan anak didik TK/PAUD yang telah lengkap status imunisasinya. (Jet)

  • Bagikan