Kolonel Pnb Benny Arfan Resmi Nakhodai Lanud Sultan Hasanuddin

  • Bagikan
SERTIJAB. Ketgam : Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri Sertijab Danlanud Sultan Hasanuddin, di Pangkalan Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sabtu (3/6/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kolonel Pnb Benny Arfan resmi menjabat Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin.

Ia resmi menggantikan Marsekal Pertama TNI David Yohan Tamboto setelah dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin langgsung oleh Panglima Koops Udara II Marsekal Muda TNI Andi Kustoro di Pangkalan Lanud Sultan Hasanuddin, Sabtu (3/6/2023).

Marsekal Pertama TNI David Yohan Tamboto sendiri yang digantikan oleh Kolonel Pnb Benny Arfan ini akan melanjutkan penugasan baru sebagai Komandan Komando Sektor III, Biak.

Panglima Koops Udara II Marsekal Muda TNI Andi Kustoro berharap dalam pergantian pimpinan di Lanud Sultan Hasanuddin ini bisa terus melahirkan inovasi-inovasi baru.

Andi Kustoro mengungkapkan Lanud Sultan Hasanuddin merupakan sebuah pangkalan udara yang memiliki lokasi strategis yang terletak di antara Kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Di mana, kedua lokasi tersebut merupakan kota terbesar di Indonesia bagian tengah. Ia juga menyebut bahwa pangkalan udara ini memainkan peran penting dalam memimpin satuan skuadron udara pesawat tempur, intai, dan angkut.

Andi Kustoro juga menegaskan bahwa Lanud Sultan Hasanuddin telah membuktikan kesiapannya dalam mendukung operasi udara dan latihan, baik dalam skala regional maupun dengan negara-negara sahabat.

"Pangkalan udara ini telah terlibat dalam berbagai operasi pengamanan, seperti operasi udara untuk PAM VVIP KTT G20 di Bali dan PAM KTT ASEAN di Labuan Bajo," ujarnya.

Selain itu, Lanjut Andi Kustoro, mereka juga berhasil melaksanakan latihan Sriti Gesit, latihan Albatros Ausindo, dan berpartisipasi dalam acara F8 Makassar dengan menyuguhkan demo kesiapan operasi udara yang meraih sambutan luar biasa dari masyarakat.

Andi Kustoro mengatakan kedepannya akan ada lebih banyak tantangan dan tugas berat yang harus diemban.

Maka dari itu, ia mengimbau komandan dan seluruh personel Lanud Sultan Hasanuddin untuk memanfaatkan kesempatan ini guna menjadi TNI AU yang profesional, modern, dan tangguh, sehingga TNI AU dapat menjadi angkatan udara yang disegani di kawasan.

“Saya percaya dengan pengalaman dan penugasan yang pernah diemban sehingga dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ucap Andi Kustoro.

Tak hanya itu, Andi Kustoro juga mengungkapkan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Marsma TNI David Yohan Tamboto atas dedikasi, loyalitas, inovasi, dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Danlanud Sultan Hasanuddin.

Ia mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru dan berharap semakin sukses dengan senantiasa berada di bawah lindungan-Nya. "Selamat bertugas di tempat yang baru, semoga semakin sukses dan selalu berada di dalam lindungan-Nya," tutur Andi Kustoro.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang hadir dalam sertijab itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto karena mendukung program pemerintah kota. Khususnya pada saat event F8 Makassar.

Di mana, setiap tahunnyaLanud Sultan Hasanuddin selalu berpartisipasi menampilkan demo udara operasi tempur pada pembukaan kegiatan F8 Makassar. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih pak komandan,” ungkap Danny.

Danny Pomanto juga mengucapkan selamat datang kepada Danlanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Benny Arfan dan berharap agar sinergitas bersama dengan Pemkot Makassar tetap terjalin dengan baik.

Kepala Danlanud Sultan Hasanuddin yang baru Kolonel Pnb Benny Arfan, siap menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya.

“Saya percaya dengan pengalaman dan penugasan yang pernah diemban sehingga dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

Ia juga siap menjalin komunikasi, sinergitas dan kerja sama yang sudah terbangun selama ini. “Baik dengan jajaran TNI/Polri, jajaran Forkopimda Sulsel, Kota Makassar, dan Kabupaten Maros,” terangnya. (sasa/B)

  • Bagikan