Gelar Sosper, Legislator Ari Ashari Ilham Harap Paham tentang Air Limbah Domestik

  • Bagikan
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 01 tahun 2016 tentang Pengelolaan Limbah Air Domestik, di Almadera Hotel Makassar, Senin (19/6/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 01 tahun 2016 tentang Pengelolaan Limbah Air Domestik, di Almadera Hotel Makassar, Senin (19/6/2023).

Sosialisasi Perda ini, merupakan angkatan ke X untuk mata anggaran tahun 2023, dibuka anggota DPRD Makassar Ari Ashari Ilham, SE dan dihadiri oleh sekitar 100 orang warga Kecamatan Mamajang, Mariso dan Tamalate.

Hadir pula sebagai narasumber, Kepala UPT BLUD PAL Dinas PU Makassar Hamka Darwis dan Akademisi Abd. Latif Hasan. Sebagai moderator untuk sosialisasi ini adalah Syamsuddin Hadeng.

Ari Ashari Ilham sebagai pemateri membawakan materi Sosialisasi Perda nomor 01 tahun 2016. Sedangkan Kepala UPT BLUD PAL Hamka Darwis, menyampaikan materi terkait Fungsi dan Tujuan Perda No. 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Sementara, Abd. Latif Hasan membawakan materi Penjelasan Fungsi, Manfaat dan Tujuan Sosialisasi Perda nomor 01 tahun 2016 ini.

Ketiganya membahas Isu yang menjadi masalah seputar air limbah domestik, tujuan dibuatnya perda air limbah, hak dan kewajiban pemerintah dan warga masyarakat dalam pengelolaan air limbah domestik, sanksi pidana dan denda yang diatur dalam Perda Air Limbah serta langkah konkrit yang menjadi rencana tindak lanjut dalam penerapan Perda Air limbah.

Di akhir sesi acara, warga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan terkait kondisi air limbah domestik yang ada di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut itanggapi langsung Ari Ashari Ilham selaku Anggota DPRD Makassar daerah pemilihan Mamajang, Mariso dan Tamalate.

Menurutnya, tujuan sosialisasi ini agar masyarakat tahu dan memahami tentang air limbah domestik.

“Sengaja acara sosialisasi ini kita adakan, agar para hadirin dapat memahami tentang air limbah domestik, yakni air limbah yang dihasilkan dari mandi, mencuci dan buang ai. Semoga acara ini dapat menambah pengetahuan kita tentang air limbah domestik, yang selama ini kita belum memahaminya dengan baik,” jelasnya.

  • Bagikan