Hemat Hingga 16 juta US Dollar, CEM Nobatkan Semen Tonasa Sebagai Perusahaan Global Hemat Energi

  • Bagikan

PANGKEP, RAKYATSULSEL – PT. Semen Tonasa sukses meraih Award of Excellence in Energy Management tahun 2023 dari Clean Energy Ministerial (CEM), penerimaan penghargaan akan diterima secara resmi pada pertemuan The 14th Clean Energy Ministerial and 8th Mission Innovation, 19-22 Juli 2023 mendatang, di Goa, India.

“Implementasi Manajemen Energi berdasarkan ISO 50001 merupakan salah satu landasan bagi perusahaan untuk dapat bekerja melampaui target penghematan energi dan juga sekaligus mendukung keberlanjutan.” ungkap Plt. Direktur Utama PT Semen Tonasa, Anis, Rabu (21/06/2023).

Anis menambahkan bahwa PT. Semen Tonasa konsisten dalam menjalankan sistem manajemen energi, terbukti anak perusahaan dari PT. Semen Indonesia Group (SIG) tersebut dapat menciptakan efisiensi biaya dan sekaligus mereduksi emisi karbondioksida.

"Sistem Manajemen Energi ini merupakan salah satu upaya kami untuk mendukung program sustainability dalam rangka mewujudkan visi PT. Semen Tonasa sebagai perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia yang efisien dan berwawasan lingkungan."tambahnya.

Diketahui, Clean Energy Ministerial (CEM) memberikan penghargaan tersebut untuk mengapresiasi perusahaan yang telah menunjukkan praktik berkelanjutan melalui sistem manajemen energi terstruktur yang disertifikasi ISO 50001, Standar Manajemen Energi Internasional.

Untuk penghargaan ini juga, PT. Semen Tonasa telah menyusun dan mengirimkan studi kasus terperinci yang menjelaskan strategi dalam bidang energi dan hasil implementasi ISO 50001 di perusahaan.

Studi kasus tersebut kemudian dikaji dan diverifikasi oleh panel independen yang merupakan pakar internasional di bidang energi, untuk kemudian dinilai kelayakannya.

Secara akumulasi sendiri Sistem Manajemen Energi ISO 50001 yang telah diimplementasikan, PT Semen Tonasa berhasil menghemat biaya energi hingga 16 juta US Dollar, atau setara dengan 1.2 juta MWh, serta pengurangan emisi karbon sebesar 435,864 Metric Ton.

Standar ISO 50001 adalah kerangka kerja yang memungkinkan organisasi mengendalikan penggunaan energi mereka dan terus meningkatkan kinerja, serta mengurangi biaya dan emisi. Standar ini juga memberikan tolak ukur global untuk tindakan energi bersih.

Diketahui Award of Excellence in Energy Management tahun 2023 dari Clean Energy Ministerial (CEM), merupakan penghargaan dari sebuah forum global tingkat tinggi yang mempromosikan kebijakan dan program teknologi energi bersih lanjutan, tempat berbagi pengetahuan dan best practice bidang energi, serta mendorong transisi ke ekonomi energi bersih dunia. (Ato)

  • Bagikan