Bawaslu Torut Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Sasar Stakeholder dan Parpol

  • Bagikan

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Toraja Utara (Torut) gelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada stakeholder dan partai politik (Parpol), Jumat, 23 Juni 2023 di Toraja Heritage Hotel.

Kegiatan tersebut dihadiri stakeholder terkait, LO parpol dan ketua Panwaslu Kecamatan se-Torut. Pemateri ketua KPU Torut, Bonnie Freedom dan kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Samli.

Menurut komisioner Bawaslu Torut, Gabriel Rumbayan dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Bawaslu dalam melakukan pengawasan itu butuh dukungan dari semua pihak, baik stakeholder terkait, parpol dan masyarakat. 

"Tujuan kegiatan sosialisasi hari ini adalah untuk mendorong stakeholder dan parpol dalam pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan bermartabat sehingga tujuan dari pemilu dapat tercapai," jelas Gabriel.

Ditambahkan Gabrial, bahwa Bawaslu sedang mengawasi tahapan pemilu dimana saat ini sedang dalam tahapan verifikasi bakal calon legislatif di tingkat KPU, dan Bawaslu Torut menemukan ada 4 kepala lembang atau kepala desa dan 7 orang BPL yang mendaftar sebagai bakal calon legislatif.

Untuk itu dirinya berharap, mereka bisa memenuhi sejumlah persyaratan yang ada. Dirinya juga berpesan kepada parpol agar proaktif berkoordinasi dengan KPU terkait silon untuk menghindari kesalahan seputar penguploadan administrasi bacaleg. 

Sementara itu, Ketua KPU Torut, Bonnie Freedom saat menyampaikan materinya menjelaskan terkait tahapan pemilu yang saat ini sudah berjalan. Dimana saat ini KPU sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Torut adalah 176.720 pemilih. 

"Kami telah menetapkan DPT pemilu untuk Torut, dan selanjutnya akan melakukan pleno terkait daftar calon legislatif yang telah diajukan sejumlah partai politik," beber Bonnie.

Ditambahkan Bonnie bahwa pertemuan seperti ini sangat penting diadakan, karena akan ada masukan dari masyarakat, partai politik terkait parpol yang bisa dijadikan bahan evaluasi atau masukan demi terselenggaranya pemilu yang baik.

Dirinya juga berharap kepada semua pihak agar bersama-sama meminimalis tetjadinya politik uang khususnya di Torut. (Cherly). 

  • Bagikan