Bawaslu Sulsel Minta Caleg Tahan Diri Sosialisasi

  • Bagikan
Bawaslu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel Alamsyah mengingatkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk sosialisasi ke masyarakat. Termasuk, simpatisan para bacaleg.

"Saat ini merupakan masa sosialisasi hanya bagi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024, belum ada peserta pemilu dari calon legislatif, maupun calon presiden," kata Alamsyah, Sabtu (1/7).

Mantan Komisioner Bawaslu Wajo ini menyebutkan saat ini baru ada peserta pemilu yang terdiri dari 18 parpol yang telah ditetapkan KPU dengan tahapan sosialisasi dan pihaknya mengingatkan masa sosialisasi Pemilu 2024 lebih lama dibanding Pemilu 2019, masa kampanye Pemilu 2024 pendek hanya 75 hari dan akan dimulai pada November 2023.

"Di masa sosialisasi ini yang dibolehkan menyosialisasikan itu parpol, karena parpol yang sudah ditetapkan, parpol sudah punya nomor urut maka itulah yang disosialisasikan, tapi para kandidat 'yang digadang-gadang akan bertarung sebagai caleg' belum saatnya (sosialisasi) karena memang belum waktunya, tolong sahabat-sahabat sabar dulu," bebernya.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Sulsel itu berharap parpol dapat memanfaatkan tahapan sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya untuk mensosialisasikan sesuai aturan yang berlaku.

"Selagi bisa, sosialisasikan parpol dengan cara yang benar, supaya parpol dikenal masyarakat, supaya parpol tidak asing di telinga publik," tuturunya.

Di masa sosialisasi ini, Alamsyah berharap peserta pemilu utamanya partai politik dapat berperan aktif dalam pengawasan tahapan pemilu. Serta juga memberikan pendidikan politik bagi masyarakat luas.

"Karena salah satu target kita adalah bagaimana peserta pemilu berpartisipasi aktif serta memberikan pendidikan politik bagi masyarakat," harapnya. (Fahrul/B).

  • Bagikan