PPIH Imbau Jemaah Untuk Tetap Gunakan Masker Sepulang Berhaji 

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PPIH embarkasi mengimbau seluruh jemaah yang bakal kembali ke Sulsel agar senantiasa menggunakan masker ketika kembali berkumpul dengan sanak keluarga.

Pasalnya, perbandingan anatara cuaca Tanah Suci Makkah dengan Indonesia tentu memiliki perbedaan yang siginifikan yang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan bisa dialami para jamaah.

Kabid Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar, Agus Jamaluddin mengatakan, gangguan kesehatan yang acap kali dialami oleh para jamaah haji ketika telah tiba di tanah air itu seperti flu dan batuk.

"Itu mulai beradaptasi dengan kondisi cuaca (Indonesia) yang tidak se-ekstrem di Mekkah, itu biasanya batuk pilek, tapi ini batuk pileknya Arab Saudi virusnya beda dengan yang ada di tanah air," sebutnya saat dikonfirmasi, Senin (3/7/2023).

Hal itu sangat perlu untuk diperhatikan, lanjut Agus Jamaluddin, ketika para jemaah haji telah tiba hendaknya terus menggunakan masker untuk beberapa waktu untuk mengantispasi persebaran flu dan batuk itu.

"Makanya  setiap jamaah maupun petugas yang baru tiba itu disarankan untuk bermasker, jamaah yang dijemput oleh keluarganya atau anak kecil  jangan di cium-cium dulu, karena daya tahan tubuhnya kan masih rendah, dan itu oenting. Bahkan keluarga jamaah pun harus bermasker dulu," sebutnya.

  • Bagikan