Pangdam XIV/Hasanuddin Belum Terima Jadwal Kehadiran Jokowi di Makassar, Hanya Wapres

  • Bagikan
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso saat diwawancara awak media. (foto: Ishak)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengaku belum mendapatkan konfirmasi dan perintah pengamanan terkait kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kota Makassar. 

Sebagimana informasi yang beredar, orang nomor satu di Indonesia itu dikabarkan bakal ke Kota Makassar untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI, tahun 2023.

"Sampai saat ini kita belum terima perintah khusus tentang kehadiran Pak Jokowi di Makassar," ujar Totok kepada wartawan saat ditemui nonton bareng KASAD Award di Makodim 1408, Jalan Lanto Daeng Pasewang Makassar, Senin (10/7/2023) malam.

Totok menyampaikan, sejauh ini pihaknya hanya mendapat perintah terkait kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Kota Makassar. Itupun kata dia, hanya sekadar transit di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, kemudian melanjutkan perjalanannya ke Papua.

"Kalau besok (hari ini, Selasa) Wapres hadir tapi cuman transit saja di Bandara, beliau mau ke Papua. Kalau RI 1 (Jokowi) sampai saat ini kami belum mendapat perintah secara langsung dari pimpinan," sebutnya.

Meski belum ada konfirmasi terkait kehadiran Jokowi di Rakernas Apeksi XVI, namun Totok mengaku Kodam XIV/Hasanuddin selalu siap melakukan pengamanan jika sewaktu-waktu Presiden hadir di Makassar.

"Tapi sejauh ini kita siap karena memang kegiatan Apeksi pasti kita dukung karena itu adalah suatu kebanggan Makassar untuk menjadi tuan rumah Apeksi," tuturnya.

Adapun diketahui, Rakernas Apeksi XVI berlangsung sejak Senin kemarin, 10 Juli dan berkahir Jumat 14 Juli 2023. 

Selain dihadiri puluhan Wali Kota se-Indonesia, kegiatan ini juga digadang-gadang bakal dihadiri beberapa tokoh nasional di antaranya Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, Bakal Capres dari Partai Nasdem Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Termasuk dua Menteri yakni Menteri Perdagangan dan Menteri Aparatur Negara juga dijadwalkan akan hadir. (Isak/A)

  • Bagikan