Hari Kesepuluh Pemulangan, 4,308 Jemaah Haji Tiba di Debarkasi Makassar

  • Bagikan
Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Bandara Hasanuddin, Kamis (28/7)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemulangan jemaah haji dari Saudi ke tanah air memasuki hari ke-10, untuk Debarkasi Makassar sendiri sebanyak 11 kloter sudah mendarat di Kota Makassar.

Pranata Humas Kemenag Sulsel, Mawardi Sirajuddin menyampaikan saat ini jumlah jemaah haji yang telah sampai di Asrama Haji Sudiang itu sebanyak 4,308 jemaah.

Kata dia, untuk jemaah laki-laki itu sebanyak 1.606 orang dan untuk jemaah perempuan itu sebanyak 2.702 orang.

"Kalau untuk kloter 11 yang baru saja tiba dini hari tadi Jumlah jamaah haji dan petugas itu 392 Jemaah," sebut mawardi saat dikomfrimasi, Jumat (14/7/2023).

Untuk kepulangan kloter 12 lanjut Mawardi, jika sesuai dengan waktu yang dijadwalkan itu akan tina dibandara Sultan Hasanuddin malam ini (tadi malam).

Ia mengutarakan, untuk jumlah jemaah haji yang dipulangkan pada kloter 12 pihaknya beserta PPIH belum dapat mengeluarkan rilis jumlah dengan beberapa pertimbangan.

"Kalau jumlahnya (kloter 12) nanti sudah sampai di bandara baru kita bisa rilis, karena kan kita tidak tahu diperjalanan, kita berharap aman-aman saja," ucapnya.

Ia mengutrakan, penetepan jumlah jemaah yang akan diterbangkan ke indonesia dari saudi itu kadang terdapat kejadian atau insiden yang menyebakan jemaah harus di rujuk ke rumah sakit jika memang urgen.

Ia menuturkan untuk jumlah jemaah pada proses pemulangan itu berbeda di masing-masing kloter  tak sama seperti saat pemberangkatan, "karena kan ada beberapa yang wafat," kata Mawardi

Ia menuturkan, untuk jemaah haji yang gabung dalam embarkasi makassar sendiri itu saat ini terdapat sudah 37 jemaah yang meninggal, satu diantaranya pada saat pemulangan.

"Jemaah tersebut berasal dari  Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, satu orang" sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kata dia, mayoritas jemaah haji yang meninggal itu berada pada rentan usia 71-80 tahun dengan total jemaah 13 orang pada rentan usia itu.

"Untuk jemaah 50 tahun ke bawah itu tidak ada  yang meninggal," sebut Mawardi Sirajuddin.

Ia melanjutkan, untuk rentan usia 51-60 tahun itu sebanyak 6 orang jemaah, lalu untuk rentan usia 61-70 tahun itu sebanyak 9 orang jemaah yang meninggal.

Kemudian sambung Mawardi, untuk rentan 81- 90 tahun itu sebanyak 3 orang dan untuk rentan usia 91-100 tahun itu sebanyak 5 orang.

"Untuk usia seratus tahun ke atas itu juga tidak ada," ungkapnya. (Abu/B)

  • Bagikan