630 Atlet dari Berbagai Daerah Ikuti Kejurnas Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung Cup I

  • Bagikan
Pembukaan Kejurnas Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung Cup I.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung Cup I diikuti 630 atlet karateka dari berbagai daerah. Para atlet ini akan memperebutkan piala bergilir Jaksa Agung Cup I yang baru pertama kali diselenggarakan.

Adapun Kejurnas ini dibuka langsung Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak di GOR Unhas, Jalan Tamalanrea, Makassar, Senin (17/7/2023) siang. Pelaksanaan kegiatan ini pun berlangsung hingga 18 Juni 2023 nanti.

Leonard mengatakan, Kejuruan Jaksa Agung Cup I ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Adhyaksa ke-63.

"Hari bakti Adhyaksa ini kita isi dengan membuka kembali kejuaraan karate," ujar Leonard.

Orang nomor satu di Kejaksaan Tinggi Sulsel itu menyampaikan, potensi-potensi atlet karate di Sulsel cukup bagus. Untuk itu, lewat Kejurnas diharapkan melahirkan atlet-atlet karate yang dapat bertanding di kancah internasional nantinya.

"Dari kegiatan ini harapan kami, kita bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik juga wasit untuk bisa naik ditingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Selain itu, Kejurnas kali juga disebut sebagai ajang pemanduan bakat atlet Karatedo Gojukai Indonesia untuk persiapan mengikuti Kejuaraan Asia Pasifik Gojukai di Bangkok-Thailand dan Kejuaraan Dunia Gojukai di Tokyo Jepang tahun 2024.

"Kejuaraan ini juga persiapan. Karena tahun depan kita mempersiapkan atlet kita bertanding di Bangkok dan Tokyo. Dan bulan depan hasil dari ini, akan kita bawa ke kejuaraan di Sulawesi Utara, jadi coba kita dorong," tutur Ketua Karate-Do Gojukai Komisariat Daerah (Komda) Sulsel. 

Lebih jauh, Leonard juga berharap agar kejuaran di tingkat kabupaten kota dapat ditingkatkan. Mengingat dalam pembukaan Kejurnas ini juga dilakukan pelantikan ketua pengurus Karate Antardojo Gojukai yang didominasi kepala kejaksaan negeri (Kajari).

"Harapan kami juga kepada para kepala cabang Gujokai di kabupaten/kota ini terus membangun pertandingan antar mereka," pesannya.

Terpisah, Ketua Panitia Kejurnas Karate Antardojo Gojukai Jaksa Agung Cup I, Zet Tedung Allo menyampaikan, ada ratusan medali yang disiapkan penyelenggaraan untuk diperebutkan para atlet yang bertanding.

"Kejurnas Kejagung Cup ini mempertandingkan 104 kelas untuk memperebutkan 104 medali emas. 104 medali perak dan 208 medali perunggu," tutur Zet Tadung Allo.

Sementara untuk peserta yang bertanding mencapai 630 orang atlet, official 107 orang dan wasit serta juri yang bertugas sebanyak 67 orang. Kejuaraan ini juga diikuti 45 tim dari 15 Komda Gojukai se-Indonesia.

"Untuk pesertanya ada dari pulau Jawa dan luar Jawa serta luar Sulawesi. Dalam Kejurnas ini dipertandingkan mulai usia dini 6-7 tahun, hingga kelas veteran, semua ada kita pertandingkan dengan 10 kategori dengan pelaksanaan pertandingan selama dua hari, mulai hari ini sampai besok," tambahnya.

Sekedar diketahui, pada pembukaan kejuaraan ini sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulsel tampak hadir. Diantaranya, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi, sejumlah bupati dan rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa. (Isak/A)

  • Bagikan