HUT Sulsel ke-354, Ini Tema yang Diangkat

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Peringatan hari jadi ke-354 Tahun Sulsel sebentar lagi akan terselenggara.

'Sulsel Andalan Indonesia' bakal menjadi Temanya, hal itu disampaikan oleh panitia pelaksana hari jadi ke-354 Sulsel pasca melakukan rapat di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur Sulsel, Senin (17/7/2023).

Diketahui, serangkaian acara bakal terselenggara antara lain Pekan Raya Sulsel (PRS). Dalam Pekan Raya Sulsel ini banyak juga rangkaian acara lain festival kuliner, lomba memasak, business matching, lomba tradisional dan lain sebagainya dengan perkiraan waktu kegiatan dimulai Agustus-Oktober.

Ketua Panitia hari jadi ke-354 Tahun Sulsel, Ahmadi Akil menyampaikan, pemilihan tema yang dilakukan oleh pihak panitia itu dengan melihat perkembangan yang pesat, khususnya ekonomi, industri, pertanian, perkebunan, jasa dan lain sebagainya. Sehingga, Sulsel menjadi provinsi andalan Indonesia.

"Karena memang secara riil Sulsel memiliki pertumbuhan yang cukup pesat khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Jadi Sulsel itu menjadi andalan Indonesia, itulah konsep tema (hari jadi) tahun ini,” kata Ahmadi Akil.

Selain itu, sambung Ahmadi Akil, Sulsel selalu menjadi trend setter dalam berbagai sektor. Mulai dari sektor pertanian dengan hadirnya benih mandiri yang digagas oleh Andi Sudirman Sulaiman hingga industri hilirisasi dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kabid Persandian Diskaminfo-SP Sulsel, Sultan Rakib memaparkan terkait dengan logo Peringatan hari jadi ke-354 Tahun Sulsel kali ini.

Kata dia, Desain logo kali ini itu menggunakan dasar huruf Lontara, huruf yang dipakai oleh suku bugis Makassar. Angka tiga dengan huruf lontara mengilustrasikan karst objek wisata Rammang-Rammang Pangkep Maros secara resmi masuk UNESCO Geopark 2023.

Ia melanjutkan, angka Lima menggambarkan atau mewakili liukan rel kereta di Sulsel yang tahun 2023 ini resmi beroperasi dan menjadi moda transportasi baru di Sulsel dan diproyeksi sebagai rel kereta api Trans Sulawesi.

“Angka empat menggambarkan layar pinisi yang merupakan perahu atau kapal air legendaris bugis makassar toraja mandar di Sulsel,” kuncinya, Senin (17/7/2023). (Abu Hamzah/A)

  • Bagikan