Wali Kota Parepare Irup di Hari Kesadaran Nasional

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Wali Kota Parepare Taufan Pawe, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN), Senin (17/7/2023).

Dalam sambutannya, Taufan menyampaikan, jika HKN adalah momentum memantapkan kualitas pengabdian, serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Taufan Pawe, menjelaskan, HKN merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua.

"Secara eksplisit hari kesadaran nasional menyadarkan semua warga negara, sampai saat ini masih bisa hidup dengan damai karena perjuangan para pahlawan," katanya.

Taufan mengatakan, pahlawan tidak hanya mereka yang berperang melawan penjajah, tetapi juga merekayang telah mengisi kemerdekaan. Itulah kesadaran nasional.

Melalui hari kesadaran nasional ini, kata Taufan, setiap aparatur negara bisa menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme, nasionalisme, dan kebangsaan.

"Diharapkan dengan upacara ini, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh ASN agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada di tengah-tengah kehidupan masnyarakat secara bijaksana, sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan baik," jelas Taufan Pawe.

Untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut, lanjut Taufan Pawe, setiap aparatur pemerintahan khususnya di lingkup Pemkot Parepare harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan.

"Oleh karena itu saya menghimbau kepada setiap aparatur pemerintah agar dapat memahami sebuah peraturan dengan baik, melalui berbagai sosialisasi yang telah dan akan kita lakukan," terangnya.

Taufan Pawe mengatakan, sebagai aparatur pemerintahan, diharapkan adanya peningkatan kualitas untuk memberikan pelayanan pada masyarakat secara totalitas tanpa pamrih merupakan bentuk implementasi kesadaran itu sebab kewajiban aparatur adalah melayani masyarakat.
(*)

  • Bagikan