Fauzi Dorong Pembangunan Sabo Dam di Lutra

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi mendorong percepatan pembangunan Sabo Dam yang ada di Desa Meli Kecamatan Baebunta, Luwu Utara

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi mendorong percepatan pembangunan Sabo Dam yang ada di Desa Meli Kecamatan Baebunta, Luwu Utara.

Dua Sabo Dam di lokasi ini menelan anggaran Rp67 miliar dan ditarget selesai Desember 2023.

Muhammad Fauzi mengatakan hingga saat ini, progres pembangunan Sabo Dam di Sungai Radda sudah mencapai 20 persen.

"Sejauh ini dari laporan pihak balai tidak ada kendala yang berarti. Kita semua berharap pembangunan Sabo Dam ini rampung di bulan Desember sesuai target pengerjaan nya " katanya saat meninjau pembangunan Sabo Dam di Desa Meli Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, Kamis (20/07/2023).

Anggota Fraksi Partai Golkar ini menyebutkan pembangunan Sabo Dam ini sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat.

"Sabo Dam ini kan suatu sistem pengendalian bencana alam aliran yang membawa endapan, seperti banjir bandang dan pergerakan tanah, yang didirikan pada jalur aliran di pegunungan," bebenrya.

"Sama kita ketahui banjir bandang 2020 yang melanda Luwu Utara ada tiga sungai yang sangat terdampak, salah satunya Sungai Radda ini. Dengan adanya Sabo Dam ini kita bisa meminimalisir dampak jika saja kembali terjadi bencana alam. Tapi semoga saja banjir bandang tiga tahun yang lalu, itu yang terakhir," lanjutnya.

Dirinya pun berharap masyarakat setempat juga dapat ikut membantu dan mendukung pembangunan Sabo Dam ini.

"Untuk di Sungai Radda ini idealnya harus ada enam sabo dam, tahun ini dibangun dua dan sisanya masih kita perjuangkan," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan