Kadin Komitmen Bawa Produk UMKM Unggulan Pangkep Go Internasional

  • Bagikan
Andi Rizal Abna (kiri bawah) bersama ketua ketua Kadin kabupaten/kota se-Indonesia, usai silaturahmi nasional di Jakarta, Minggu (23/07/2023).

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Wujud komitmen dalam membantu peningkatan dan daya saing produk UMKM, Kadin Pangkep bakal bawa produk UMKM Pangkep go internasional. Komitmen tersebut diutarakan Ketua Kadin Pangkep, Andi Rizal Abna.

"Kita akan coba mencontoh apa yang dilakukan Kadin Kota Pontianak, yang sudah menjalin kerjasama internasional, jadi ini yang kita lakukan nanti bahwa kadin pangkep akan bekerja sama minimal skala asia tenggara," Ujar Andi Rizal Abna, usai menghadiri kegiatan silaturahmi nasional, ketua Kadin kabupaten kota se-Indonesia, Jakarta, Minggu (23/07/2023) kemarin.

Pria yang akrab disapa ARA tersebut mengaku jika pertemuan nasional banyak membahas tentang penguatan Kadin di daerah, sebagai organisasi yang lahir berdasarkan undang undang. Karena diakui jika Kadin adalah mitra strategis pemerintah di dunia usaha.

"Hadirnya ketua kadin kabupaten kota se-Indonesia kemarin tujuannya adalah saling berbagi ilmu bisnis, termasuk bertukar komoditas unggulan dari daerah masing masing," tambah ARA.

Lebih jauh dikatakan jika sejumlah komoditi di kabupaten Pangkep sudah diinventarisasi untuk dibawa ke ajang internasional, sebut saja bandeng tanpa duri, udang, sorgum, jeruk besar Pangkep, kacang Tondong dan Gula Aren. 

"Sebagai langkah awal kita akan bawa produk Pangkep ke market expo di Malaysia dan Singapura, yang tentu kita akan kemas juga dalam katalog produk, tapi tentunya produk yang kita bawa bisa di produksi dalam skala besar," Aku Rizal.

Tidak hanya UMKM, marmer Pangkep juga akan menjadi bagian rencana promosi pada ajang internasional yang rencananya akan dihelat November mendatang tersebut.

"Marmer akan kita go internasionalkan kembali, karena kita tidak sadar kualitas marmer kita di Pangkep nomor satu di Amerika dengan peminat dari negara negara Amerika latin," beber mantan sekretaris HIPMI Pangkep tersebut.

Terkait kemasan dan promosi, Kadin Pangkep akan mengakomodir UMKM Pangkep, ini lantaran saat ini Kadin Pangkep sudah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Pangkep.

Kadin Pangkep sendiri optimis membawa produk usaha mikro kecil dan menengah masyarakat dan nama daerah untuk go internasional, juga dikarenakan karena besarnya dukungan dan komitmen Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras. (Atho)

  • Bagikan