Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Satgas TMMD ke-117 Kodim 1411 Bulukumba Gelar Penyuluhan Perikanan

  • Bagikan
Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1411/Blk salah satunya sasaran non fisik berupa penyuluhan Perikanan kepada Warga Kelurahan Sapolohe, Kecamatan Bontobahari, Selasa (25/07/2023).

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL- Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1411/Blk salah satunya sasaran non fisik berupa penyuluhan Perikanan kepada Warga Kelurahan Sapolohe, Kecamatan Bontobahari, Selasa (25/07/2023).

Komandan Satgas TMMD Letkol Inf. Kaharuddin DJ, S.Pd,. M.Tr (Han) melalui Pasi Intel Kodim 1411 Bulukumba Letda Inf Riswanda sebagai kordinator penyuluh mengatakan, pelaksanaan sasaran Non fisik TMMD ke-117 Kodim 1411 Bukukumba, salah satunya berikan penyuluhan perikanan

"Disini Rata-rata Masyarakat Kelurahan Tanah Lemo penghasilannya dari laut, kami himbau dengan adanya kegiatan penyuluhan perikanan ini agar masyarakat yang hadir dapat memperhatikan apa apa yang disampaikan oleh tim penyuluh nantinya

Lebih lanjut dikatakan Letda Inf Riswanda, hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat dan sangat bermanfaat bila diimplementasikan, tentunya bisa menambah penghasilan masyarakat, kata Letda Inf Riswanda.

Sementara itu, Sekertaris Lurah Kelurahan Sapolohe, Kecamatan Bonto, Bahari Andi Sainuddin mengatakan, penyuluhan perikanan yang dilakukan oleh satgas TMMD Kodim 1411/Blk bersama Dinas Perikanan Kab. Bukukumba tentang menjaga bibit ikan di laut dengan dilarang menagkap ikan dengan cara menggunakan Bom ikan karena dapat menghancurkan telur ikan dan beni yang masi kecil.

"Kami harap kepada warga Kel. Sapolohe selain mengharapkan hasil tangkapan ikan dari laut juga dapat memanfaatkan lahan kosongnya untuk dapat dijadikan kolam ikan air payau," ungkap Bahari Andi Sainuddin.

Apalagi menurutnya, selama ini warga tidak ada satupun yang mempunyai kolam ikan air payau, karena tidak mengetahui bagaimana cara yang baik dan praktis tapi menghasilkan dalam membuat kolam ikan air payau.

"Dengan adanya penyuluhan ini, saya mewakili warga/masyarakat sangat berterima kasih kepada satgas TMMD ke-117 Kodim 1411 Bulukumba dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bukukumba khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bukukumba, sehingga warga kami dapat mengetahui tata cara yang baik untuk memanfaatkan lahan kosong sekitar pekarangan rumah untuk dijadikan kolam air payau,” ungkapnya. (Supahrin)

  • Bagikan