KKN PMM 2023 UNM Kolaborasi Karang Taruna Colliq Pujie dan Pemuda Pancana Gelar Turnamen Pancana Cup II

  • Bagikan
Pembukaan turnamen sepak bola "Pancana Cup II 2023, di Lapangan Mini Pancana, Selasa (25/07).

BARRU, RAKYATSULSEL - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) 2023, Universitas Negeri Makassar bekerja sama dengan Karang Taruna Colliq Pujie dan Pemuda Pancana "One Circle" menyelenggarakan turnamen sepak bola "Pancana Cup II 2023".

Pancana Cup II yang mengangkat tema Rewe' Tosipulung ini dibuka langsung Kepala Desa Pancana, M. Idris T, di Lapangan Mini Pancana, Selasa (25/07).

Ketua Panitia Pancana Cup II, Fiqri Haikal, SP.d selaku ketua panitia menjelaskan mengenai alasan dipilihnya tema Rewe' Tosipulung, lantaran pada turnamen sebelumnya mengambil tema Assideppungetta, yang artinya Perkumpulan.

"Sebelumnya saat masa pandemi covid kita dilarang melakukan aktivitas diluar. Nah setelah melewati masa itu kita kembali bisa beraktivitas diluar, makanya kita mengambil tema Assideppungetta karena sudah lama kita tidak berkumpul akibat pandemi. Nah untuk edisi Pancana Cup II ini, kita mengambil tema Rewe' Tosipulung yang artinya Kita Kembali Untuk Berkumpul," jelasnya.

Turnamen Cup II tahun 2023 ini, lanjutnya, diselenggarakan mulai Selasa, 25 Juli 2023 sampai dengan Minggu, 13 Agustus 2023, sekaligus dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, serta menjadi wadah menyalurkan minat dan bakat pemuda terhadap sepak bola.

"Sebanyak 16 tim yang yang mengikuti turnamen Pancana Cup II kali ini, yang terdiri 12 tim dari setiap RT, 3 tim dari perwakilan sekolah dan 1 tim dari pemerintahan desa," terang Fiqri Haikal.

Sementara Kepala Desa Pancana, M Idris T dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya Pancana Cup II 2023. Dirinya juga mengapresiasi KKN PMM 2023 UNM yang telah berkolaborasi bersama Karang Taruna dan Pemuda Pancana sehingga turnamen ini bisa terselenggara.

"Terima kasih juga kepada Pak Kapolsek sebagai penegak hukum di Kecamatan Tanete Rilau, saya sangat terbantu dengan bantuannya. Sebagai Kepala Desa Pancana tentu bersyukur atas terlaksananya Pancana Cup II 2023 ini," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek Tanete Rilau, IPTU A Masruni Ago yang mengatakan, bahwa selain dapat memupuk sportifitas, turnamen Pancana Cup II merupakan kegiatan positif bagi para pemuda Desa Pancana karena bisa menunjukkan bakat dan prestasi.

"Bagi saya kegiatan ini sangat positif, apalagi ini dilaksanakan oleh pemuda-pemudi yang mana dibantu juga dengan mahasiswa yang ada di dalamnya. Harapannya melalui Pancana Cup II ini dapat mempersatukan seluruh Desa Pancana, apalagi ini juga dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-78," bebernya.

"Semoga dengan diadakannya Pancana Cup ini dapat membina remaja-remaja kita dalam olahraga sepak bola, dan dapat menorehkan prestasi agar bisa lebih lagi ke depannya, baik di Pancana maupun di luar Pancana," pungkas IPTU A Masruni Ago. (*)

Citizen Reporter : Nurul Ulfah Syaharuddin

  • Bagikan