Disebut Berpeluang Jabat Pj Gubernur Sulsel, Prof JJ: Terima Kasih, Saya Masih Fokus di Kampus

  • Bagikan
Rektor Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel sudah membahas mekanisme pengusulan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel pengganti Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Hal ini merujuk pada surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3/3734/SJ. Tanggal 21 Juli 2023, perihal usul nama calon Penjabat Gubernur Sulsel. Saat ini, DPRD Sulsel sudah membahas mekanisme pengusulan nama-nama akan mengisi masa jabatan periode 2023/2024.

Sejauh ini sejumlah nama mencuat dipublik. Seperti nama-nama rektor dari universitas terkemuka di Makassar, yakni Rektor Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, Laksma TNI Abdul Rivai, Inspektur Utama Setjen DPR RI yang pernah menjadi Kapolda Sulsel, Komjen Nana Sudjana.

Ada juga nama Inspektur Jenderal Depdagri, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri, Dr Akmal M Piliang, Drs. H. Jufri Rahman.,M.Si (staf ahli bidang pemerintah dan otoda Kemenpan RB).

Selain nama itu, Inspektur Utama Setjen DPR RI dan mantan Kapolda Sulsel, Komjen Nana Sudjana, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri, Dr Akmal M Piliang.

Salah satu diantara nama-nama banyam dibicarakan adalah Rektor Unhas, masa jabatan 2022-2026, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Selain dikenal sebagai orang memiliki banyak pengalaman. Sosok masuk dalam tokoh ilmuan dunia itu patut diperhitungkan.

Kaitan hal ini,  pria yang akrab disapa Prof. JJ itu memberikan tanggapan. Ia menyampaikan apresiasi atas dorongan yang diberikan oleh pihak yang memberikan sinyal usulan namnaya sebagai Penjabat Gubernur Sulsel.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mewacanakan dan mengusulkan namanya sebagai salah satu calon Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan 2023. Hanya saja saya masih emban amanah sebagai Rektor," kata Prof JJ kepada wartawan harian Rakyat Sulsel, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (31/7/2023).

  • Bagikan