Ini Nama-nama Calon Pj Bupati Bone yang Diusulkan DPRD Bone ke Mendagri

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Masa Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bone DR H Andi Fahsar M Padjalangi - H. Ambo Dalle (Tafadal) tidak lama lagi berakhir. Pasangan dengan tagline Tafadal ini akan mengakhiri masa pemerintahannya periode kedua pada 26 September 2023 mendatang.

Guna mengisi kekosongan jabatan Bupati Bone, maka Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI akan menentukan/ menunjuk Penjabat (Pj), setelah meminta DPRD Bone untuk mengusulkan nama calon Pj Bupati Bone.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, Irwandi Burhan menjelaskan pengusulan nama calon (Pj) Bupati, telah dilaksanakan setelah DPRD Bone menggelar rapat pembahasan terkait pengusulan tiga nama calon Pj Bupati pada Senin, 31 Juli 2023 lalu.

Hal itu berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mendesak Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan nomor 100.2.1.3/3736/SJ tertanggal 21 Juli 2023, tentang pengusulan nama calon Bupati/Walikota.

"Kalau sesuai surat, itu yang diperintahkan Ketua DPRD, tapi kami sepakat diusulkan terlebih dahulu oleh fraksi untuk kemudian ditindaklanjuti," ujar Irwandi Burhan, Sabtu (5/8/2023).

Lebih lanjut, berdasarkan Permendagri nomor 4 Tahun 2023 ada lima persyaratan mutlak menjadi calon Pj Bupati.

"Termasuk punya pengalaman penyelenggaraan pemerintahan yang dibuktikan dengan riwayat jabatan, menduduki JPT Madya dan beberapa poin lainnya," ujar Irwandi Burhan.

Untuk sementara, sudah ada beberapa nama yang diusulkan tapi itu masih wacana sambil menunggu kesiapan berkas dari masing-masing calon nantinya.

Ia menegaskan dari hasil rapat pembahasan tersebut muncul 4 nama, yakni Sekda Bone Andi Islamuddin, kemudian Tenaga Ahli DPD RI Andi Erham Terwo Pabokori, Kepala Dinas DPMD Provinsi Sulsel Muh Saleh dan Direktur Sumber Daya Manusia Kearsipan dan Sertifikasi Andi Abu Bakar.

"Kami hanya memastikan bahwa yang diusulkan itu sudah bersyarat menjadi Pj Bupati, rapat berikutnya itu minggu depan," tegasnya.

Olehnya itu, pihaknya berharap orang yang menjadi Pj Bupati Bone adalah putra daerah.

"Tentu kita ingin mereka adalah orang mengerti kondisi dan situasi Kabupaten Bone itu sendiri, khususnya adat istiadat," pungkas Irwandi Burhan.

Namun informasi yang berhasil dihimpun Harian Rakyat Sulsel dari salah seorang anggota DPRD Kabupaten Bone dari Fraksi Amanah, Andi Salam bahwa saat ini hanya dua orang yang getol untuk mendapatkan jabatan Pj Bupati Bone, yakni Tenaga Ahli DPD RI Andi Erham Terwo Pabokori, dan Kepala Dinas DPMD Provinsi Sulsel, Muh Saleh.

"Saya lihat, hanya dua orang yang getol dan serius mengurus untuk menjadi PJ Bupati Bone yaitu Andi Erham dan pak Saleh," tandas Andi Salam. (Enal)

  • Bagikan