Ungkap Makna Warna Seragam Dinas dan Atribut Terbaru Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak Harap Tingkatkan Disiplin Pegawai

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak saat memimpin Apel Pagi Pegawai, Senin (14/08).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak mengapresiasi kepada seluruh pegawai yang telah menggunakan seragam dinas baru dan atribut dinas baru Kemenkumham dalam pelaksanaan Apel Pagi Pegawai pada Senin (14/8).

“Penggunaan seragam dinas baru dan atribut dinas baru ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) No 9/2023 tentang Perubahan Atas Permenkumham No 24/2022 tentang Pakaian Dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.” kata Liberti.

Liberti sampaikan dalam Permenkumham tersebut, penggunaan seragam dinas terbaru ini dilaksanakan dalam rangka meningkatakan ketertiban dan kedisiplinan serta mewujudkan keseragaman dalam penggunaan pakaian dinas bagi pegawai di lingkungan Kemenkumham.

Lanjut Liberti, seragam dinas baru ini hadir dengan warna yang terbaru. Liberti jelaskan warna dasar dari Pakaian Dinas terbaru ini adalah Abu-abu Muda dan Abu-abu Tua dengan Filosofi Mandiri, Bijaksana, Netral, Bermartabat dan Bertanggung Jawab.

“Walaupun kita menggunakan seragam dinas baru, tapi jangan lupa kita juga harus menggunakan atribut terbaru secara lengkap karena atribut adalah kelengkapan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bertugas. Untuk itu, saya minta kepada jajaran pimpinan tinggi (pimti) pratama untuk mendisiplinkan jajaran masing-masing guna memastikan agar atribut yang dipakai oleh pegawai sudah lengkap,” pinta Liberti.

Melalui penggunaan seragam dinas terbaru dan atribut lengkap tersebut, Liberti berharap tidak ada lagi teguran yang sifatnya sudah menjadi ketentuan Permenkumham tersebut.

Dalam kesempatan ini, Liberti juga mengapresiasi seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel yang telah taat dan patuh terhadap perintah Permenkumham No 9/2023 melalui penggunaan seragam dan atribut terbaru.

Selain disiplin dalam menggunakan seragam dan atribut tersebut, Liberti juga meminta seluruh pegawai untuk meningkatkan kesadaran dan keikhlasan dalam sikap kedisiplinan melalui pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari, mengingat seluruh pegawai kanwil dibutuhkan oleh negara.

“Kita diituntut sebuah kesadaran dan keikhlasan bahwa kita masih membutuhkan negara ini. Kita masih membutuhkan gaji dari negara ini. Dengan catatan, jika saudara membutuhkan, sebaiknya taat dan patuh kepada perintah. Taat dan patuh kepada disiplin yang telah ditentukan. Itu adalah bagian kontrak setiap individu yang sudah mau mengikatkan diri dengan organisasi Kemenkumham.” terang Liberti.

“Untuk itu, mari kita menjaga sikap kedisiplinan kita!” ajak Liberti menutup sambutannya.

Apel Pagi Pegawai turut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih, Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Jaya Saputra, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Suprapto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum HAM) Hernadi, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, dan seluruh pegawai Kanwil. (*)

  • Bagikan