Tim Cyber Crime Polda Sulsel Bakal Turun Tangan Pengamanan Situs Penyelenggara Pemilu  

  • Bagikan
Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) memastikan akan turut terlibat dalam pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Termasuk pemantauan situs penyelenggara yang belakangan banyak dipertanyakan keamanannya. 

Mengingat situs resmi Bawaslu Kota Makassar itu baru-baru ini dihack lalu diubah menjadi situs judi online. 

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya bakal ikut melakukan pengamanan bersama dengan tim Gakkumdu lainnya yang melibatkan Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan.

"Kita nanti ada Gakkumdu, di situ nanti ada dari Kejaksaan, juga dari kepolisian dalam hal ini Reskrim. Kalau memang ada yang diretas sebelum pelaksanaannya mungkin akan ada tambahan personil di situ," ujar Komang kepada Rakyat Sulsel, Selasa (15/8/2023).

Komang menyebut, jika dalam proses pelaksanaan Pemilu terjadi peretasan maka pihaknya akan melibatkan banyak personel dari Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel. 

"Kalau ada peretasan situsnya nanti minta bantuan ke Krimsus melalui Cyber-nya untuk membantu. Nanti patroli cyber, kita juga akan mengecek," sebutnya.

Sejauh ini, Komang mengaku belum mendapat informasi mengenai adanya laporan peretasan situs penyelenggaraan Pemilu. Namun jika ada, Polda Sulsel disebut siap melakukan penyelidikan. 

"Pasti kita buck up, apalagi kalau ada laporan dari penyelenggara, pasti akan ditindaklanjuti oleh rekan-rekan kita di Polda untuk dilakukan lidik," sebutnya.

"Saya belum dapat informasi apakah ada laporan masuk atau tidak. Tapi kalau ada laporan masuk pasti kita akan jemput bola, melakukan lidik," sambungnya.

Sejauh ini, Komang juga menyampaikan belum mengetahui secara pasti berapa personel yang akan dilibatkan dalam Gakkumdu.

Penyelenggaraan pemilu yang aman dan damai di Sulsel disebut tanggungjawab bersama. 

"Masih ditunggu berapa jumlah personel yang akan dilibatkan karena seluruhnya akan dilibatkan dari Polda dan Polres. Polri sediri akan melibatkan banyak anggotanya," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan