Parpol Mulai Jalin Komunikasi dengan Cakada, IPI: Berharap Kandidat Bisa Bantu Raup Suara

  • Bagikan
Ilustrasi Pemilu Serentak 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Beberapa Partai Politik (Parpol) sudah mulai melakukan komunikasi terhadap bakal calon Gubenur Sulsel, padahal Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak masih menyisakan lebih satu tahun dan Pemilihan Legislatif (Pileg) belum selesai.

Dimana saat ini Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah menjalin komunikasi terhadap empat nama yang mencuat di internal PPP Sulsel. Mereka adalah Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Ilham Arief Sirajuddin dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Irjen Fadil Imran ditunjuk  Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baru akan melakukan penjaringan setelah melakukan kegiatan Kick Off Pilkada 2024 secara nasional.

Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan sangat wajar jika Parpol saat ini sudah mulai melakukan pendekatan terhadap kandidat calon kepala daerah agar mereka juga bekerja sejak awal.

"Dalam artian membantu partai yang mendekatinya untuk mencari suara dan target-target kursi di Pileg," kata Suwadi Idris Amir.

Dirinya menyebutkan karena hasil Pileg 14 Februari 2024 nanti yang akan menjadi patokan atau syarat dukungan Parpol untuk mengusung jagoannya di Pilgub maupun Pilkada serentak.

Bukan hanya itu, Parpol juga pastinya membutuhkan jejaring relawan bakal calon kepala daerah tersebut, karena diketahui beberapa kandidat calon Gubenur tersebut merupakan kepala daerah masih menjabat hingga dua periode.

"Bisa meringankan kerja-kerja partai politik," ucapnya.

Selain itu kata Suwadi Idris Amir partai pastinya memiliki tanggung jawab memenangkan jagoan Pilpres sekaligus mengurangi ongkos politik. (Fahrullah/B)

  • Bagikan