Penerapan ETLE Diklaim Efektif Kurangi Pelanggaran Lalu Lintas dan Turunkan Angka Kecelakaan 

  • Bagikan
Konferensi Pers yang digelar Ditlantas Polda Sulsel terkait hasil analisa dan evaluasi Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) selama Operasi Zebra Pallawa 2023 Polda Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) selama Operasi Zebra Pallawa 2023 Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) diklaim efektif dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas di jalan raya, juga menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Hal tersebut terbukti dari hasil analisa dan evaluasi (anev) di seluruh wilayah Polda Sulsel yang menunjukkan pelanggaran dan laka lantas menurun signifikan yakni 51 persen. 

"Data tersebut dirangkum selama operasi yang mulai digelar sejak tanggal 4 September sampai 17 September 2023," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulsel, Kombes Pol I Made Agus Prasatya usai melakukan anev Operasi Zebra Pallawa 2023, yang digelar di Ditlantas Polda Sulsel, Senin (18/9/2023).

Dijelaskan, Operasi Zebra Pallawa 2023  merupakan operasi khusus dalam rangka mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Di mana sasaran utamanya adalah untuk meningkatkan disiplin atau ketaatan hukum masyarakat di jalan.

Cara bertindak yang dikedepankan adalah kegiatan edukatif, persuasif dan penegakan hukum yang humanis, dengan memanfaatkan ETLE atau electronic traffic law envorcement, dan teguran simpatik. 

Berdasarkan hasil anev sampai hari terakhir tanggal, 17 September 2023, secara menyeluruh  pelaksanaan operasi berjalan lancar dan cukup berhasil. 

“Dari hasil analisa data, mampu menurunkan pelanggaran dan laka lantas. Penurunan cukup signifikan yakni sebanyak 242 kejadian atau turun 51 persen," tutur Made Agus.

Diungkapkan Made Agus, keberhasilan operasi ini tidak lepas dari peningkatan aktifitas kegiatan jajarannya, baik tindakan preemtif, preventif maupun refresif. 

  • Bagikan