Wabup Bulukumba Launching Inovasi Naga Runting di Desa Pangalloang

  • Bagikan
Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf menghadiri launching Inovasi Naga Runting (Kolamnya Keluarga Untuk Penurunan Stunting), yang berlangsung di Desa Pangalloang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf menghadiri launching Inovasi Naga Runting (Kolamnya Keluarga Untuk Penurunan Stunting), yang berlangsung di Desa Pangalloang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan launcing inovasi yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba ini, juga dirangkaikan dengan Pelatihan Budidaya Air Tawar. 

"Atas nama Pemerintah Bulukumba, kami menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi kepada inovator sekaligus reformer saudara Dani Susanto, Kepala Bidang Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Bulukumba, yang telah menciptakan sebuah gagasan cemerlang melalui Aksi Perubahan dalam kegiatan Pelatihan kepemimpinan administrator," kata Edy Manaf, sapaan akrab Andi Edy Manaf, dalam sambutannya.

Menurut Edy Manaf, inovasi yang diciptakan berupa Kolamnya Keluarga Untuk Penurunan Stunting atau dengan istilah NAGA RUNTING ini merupakan gerakan yang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan dan mengelola lahan perumahannya menjadi kolam keluarga untuk budidaya ikan yang digabungkan dengan tanaman sayur sistem aquaponik.

Gagasan ini sangat cocok dikembangkan di Bulukumba, karena banyak lahan pekarangan yang tidak produktif, tidak dimanfaatkan dan tidak dikelola secara baik oleh keluarga. Inovasi ini merupakan salah satu terobosan dalam rangka pemenuhan kebutuhan protein ikan masyarakat dan upaya untuk membantu upaya penurunan stunting serta peningkatan pendapatan tambahan bagi keluarga melalui budidaya ikan air tawar.

  • Bagikan