Ciptakan Model DEDEn-PjBL dalam Menstimulasi Kreativitas Anak, Sadaruddin Dosen FKIPS UIM Al Gazali Raih Doktor di UNM

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ujian Promosi Doktor, Sadaruddin, S.Pd., M.Pd digelar pukul 08.30-11.00 WITA secara luring pada hari Kamis tanggal 21 September di Aula Gedung AD lantai 5 Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Jl. Bonto Langkasa (Kampus Barat UNM Makassar).

Sadaruddin, S.Pd., M.Pd yang merupakan dosen prodi PG PAUD Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan dan Sastra (FKIPS) Universitas Islam Makassar (UIM) Al Gazali berhasil mempertahankan disertasi di depan penguji yang berjudul "Pengembangan Model Design, Explain, Develop, and Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) dalam Menstimulasi Kreativitas Anak".

Ujian Promosi Doktor ini dipimpin langsung oleh Wakil Direktur 2 Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum yang sekaligus sekalu kopromotor didampingi oleh Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, MA selaku promotor, penguji internal bapak Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed, Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng, serta penguji eksternal Prof. Dr. H. Bahaking Rama, MS.

Sadaruddin, S.Pd., M.Pd dalam paparannya menyampaikan bahwa riset yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kebutuhan, gambaran produk, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model Design, Explain, Develop, and Evaluation- Project Based Learning (DEDEn-PjBL) dalam menstimulasi kreativitas anak.

Riset ini berhasil mengembangkan produk model Design, Explain, Develop, and Evaluation-Project Based Learning (DEDEn-PjBL) yang valid, praktis dan efektif dalam menstimulasi krativitas anak yang tertuang dalam buku model dan buku panduan guru yang berisi rasionalisasi, teori pendukung, komponen model, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan panduan guru.

  • Bagikan