Upaya Konservasi Tanaman Obat, Tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar Grand Opening Kafe Jamu Timbuseng

  • Bagikan

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) 2023 dengan bangga mengumumkan Grand Opening Kafe Jamu Timbuseng, di Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu, 23 September 2023.

Hal ini sebagai langkah signifikan dalam mendukung konservasi tanaman obat dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat kesehatan yang terkandung dalam tanaman obat keluarga.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dibuka oleh Rektor UNM Prof.Ir. Dr. H. Husain Syam, M. TP., IPU., ASEAN Eng. dalam hal ini diwakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A Rauf, MT., IPU. dan dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNM Prof. Uca, S.Si., M.P., Ph.D , Dosen Pembimbing Muhammad Ammar Naufal, S.Pd., M.Ed., Ph.D , Kepala Desa Timbuseng Kaharuddin, para kepala Dusun, Ibu-ibu PKK, Karang Taruna serta masyarakat setempat.

Ketua PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM 2023, Nurfadillah menjelaskan, bahwa Kafe Jamu Timbuseng merupakan bagian dari program Tim PPK Ormawa, di mana mengajarkan kepada masyarakat cara mengolah tanaman obat keluarga menjadi jamu yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

"Kami sangat berharap agar masyarakat bersedia untuk melanjutkan program ini, sehingga dapat menjaga kelestarian di Desa Timbuseng," harapnya.

Dalam sambutan Kepala Desa Timbuseng, Kaharuddin, juga berbagi pandangan positifnya tentang inisiatif ini mengatakan, dengan adanya Kafe Jamu Desa Timbuseng, masyarakat Timbuseng merasa sangat terbantu dalam pengetahuan mengolah tanaman obat keluarga.

""Sebelumnya, tanaman obat keluarga ini hanya tumbuh liar di pekarangan rumah kami. Namun, setelah anak-anak dari PPK Ormawa datang untuk mensosialisasikan cara mengolah dan meramu jamu, kami menjadi paham bagaimana membuat minuman sehat yang dapat kami konsumsi setiap hari. Kami sangat berterima kasih atas program ini," bebernya.

Ketua LP2M UNM sekaligus meresmikan Kafe Jamu Timbuseng secara langsung, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A Rauf, MT., IPU., berharap, program ini dapat diteruskan dan dilanjutkan.

"Kami, sebagai pengabdi masyarakat, bersama dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNM, akan siap mengawasi kelangsungan kegiatan ini setelah penarikan tim PPK Ormawa," tegasnya.

Menurutnya, Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat membuka peluang kerja bagi ibu rumah tangga.

Di akhir acara, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A Rauf, MT., IPU., menyampaikan harapannya agar Kafe Jamu Timbuseng dapat menjadi contoh keberlanjutan dan kolaborasi positif antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam menjaga budaya dan kesehatan masyarakat, serta memberikan peluang ekonomi yang berkelanjutan bagi warga Desa Timbuseng.

Grand Opening Kafe Jamu Timbuseng ini akan menjadi momen penting dalam perjalanan konservasi tanaman obat dan pemberdayaan masyarakat di Desa Timbuseng. (*)

  • Bagikan