Antisipasi Genangan dan Banjir, Dinas PU Makassar Mulai Rehab Sistem Drainase

  • Bagikan
Dinas PU Kota Makassar mengerjakan rehabilitasi sistem drainase

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Guna mengantisipasi resiko genangan dan banjir pada musim penghujan mendatang, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah memulai proyek pembangunan rehabilitasi sistem drainase perkotaan.

Pada proyek ini, Dinas PU Kota Makassar memprioritaskan di sejumlah lokasi strategis seperti daerah pusat kota, perumahan padat penduduk, dan daerah yang memiliki riwayat rentan terhadap banjir.

Pengerjaan poyek ini mencakup pembersihan dan perbaikan saluran air, pembangunan saluran baru, dan peningkatan kapasitas sistem drainase yang sudah ada.

Kepala Dinas PU Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan pihaknya menyadari pentingnya sistem drainase dalam menjaga kota Makassar agar tetap aman dari dampak musim hujan yang mungkin parah.

"Oleh karena itu, kami melakukan langkah-langkah nyata untuk memastikan bahwa infrastruktur drainase perkotaan kami berfungsi dengan baik," ungkap Zuhalesi, Selasa (26/9).

Zuhaelsi menekankan komitmen Dinas PU Makassar untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur perkotaan demi kenyamanan dan keamanan warga Makassar.

"Ini adalah langkah proaktif kami untuk menjaga kota ini tetap tahan terhadap musim hujan yang mungkin datang dengan intensitas tinggi," ujar Zuhaelsi.

Untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat, Dinas PU menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar dan komunitas setempat terkait tindakan pencegahan banjir.

Maka dari itu, Dinas PU Makassar berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi penduduk kota, serta mengurangi dampak buruk yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem selama musim hujan. (Shasa/A)

  • Bagikan