Rayakan HUT TNI ke-78, Kodam XIV/Hasanuddin Tampilkan Demonstrasi Penanganan Pemilu dan Drama Kolosal 

  • Bagikan
Gladi bersih defile pasukan dan karnaval alutsista dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78, yang akan dipusatkan di Lapangan Karebosi, Jalan Ahmad Yani, Kota Makassar.

Pada rangkaian kegiatan ziarah ini turut diikuti oleh PJU, Prajurit dan PNS TNI AD, AL dan AU yang berada di wilayah Sulsel. Hal tersebut merupakan satu tradisi kejuangan yang dilaksanakan oleh prajurit TNI, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

Dengan harapkan para generasi penerusnya dapat mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para pahlawan. 

“Makna ziarah sebenarnya bukan sekedar upacara, kita tau pada saat itu para pahlawan dengan gigihnya, tanpa memikirkan apa-apa, hanya memikirkan merdeka atau mati untuk melepaskan kita dari belenggu penjajah," ungkapnya. 

"Alangkah nistanya kita tidak mengingat perjuangan beliau, lebih daripada itu sebetulnya kita ingin mewarisi semangat, moral dan mental beliau-beliau kalau bisa ada di dalam diri kita, semangat pantang menyerah, militansi, semangat tidak memikirkan diri sendiri, semangat NKRI harus ada dalam diri kita, dalam penugasan prajurit TNI ke depan," sambungnya.

Lebih jauh, Totok menuturkan, selain beberapa kegiatan itu pihaknya juga telah melaksanakan Anjangsana ke kediaman para Veteran dan Warakawuri, dengan memberikan bantuan sembako dan bingkisan.

Kegiatan ini berlangsung di beberapa tempat, yakni Kelurahan Maccini, Kecamatan Biringkanaya dan Kelurahan Maricaya Baru, Kota Makassar.

Anjangsana kepada para Veteran dan Warakawuri sendiri terbagi dalam tiga Tim yang dipimpin oleh Komandan Lantamal (Dantalantamal) VI Laksma TNI Ivan Gatot Prijanto, Opsla, Inspektur Komando Operasi Udara (Irkoopsud) II Marsma TNI Zulfahmi, dan Komandan Komando Sektor II (Dankosek II) Marsma TNI Feri Yunaldi. 

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk 'Hormat Sesepuh' menyambut HUT ke-78 TNI Tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yakni di wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra.

Melalui kegiatan ini, Totok berharap silaturahmi dan perhatian serta kepedulian kepada para Veteran maupun Warakawuri yang dahulu berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan terus terjalin. (Isak/B)

  • Bagikan