Penutupan SPMH 2023, Kakanwil Kemenag Sulsel Harap Peserta Terus Tingkatkan Kemampuan

  • Bagikan
Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji (SPMH) Angkatan VIII

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Setelah menjalani kegiatan selama 8 hari, Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji (SPMH) Angkatan VIII telah sampai di kegiatan penutupan.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama antara UIN Alauddin Makassar dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulsel ini berlangsung di Wisma Shafa Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar.

Kegiatan yang merupakan hasil ini diikuti oleh sekitar 80 peserta, salah satunya Kepala Kanwil Kemenag Sulsel.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Dr Andi Abdul Hamzah mengatakan dalam kurun waktu selama 8 hari, peserta telah mendapatkan beberapa materi komprehensif dan peserta yang dinyatakan lulus itu berjumlah 83 orang.

"Kami juga sengaja merekrut beberapa pemateri dari berbagai kalangan, seperti akademisi, ulama, dan lain sebagainya. Semoga," tuturnya.

"Saya berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mewujudkan pembimbing ibadah haji yang profesional, mandiri, dan moderat," lanjutnya.

Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni merasa bersyukur para peserta bisa menyelesaikan kegiatan sertifikasi ini dengan baik dan bisa lulus dengan baik.

"Alhamdulillah kita sudah mengakhiri acara ini dengan baik. Berdasarkan informasi dari ketua panitia, yang lulus itu ada 83 orang dan itu ada semua dihadapan saya ini," pungkasnya.

Dia juga berharap agar para peserta bisa terus meningkatkan kemampuannya setelah lulus dari sertifikasi ini, karena ilmu diluar lebih banyak dibandingkan di kegiatan ini.

"Bapak ibu dapat memegang teguh komitmen bersama, harus bisa meningkatkan kompetensinya. Karena apa yang didapat disini masih kurang dan kalian bisa mencarinya juga di luar," harapnya.

"Saya harap para pembimbing ini harus bisa profesional dalam melakukan bimbingan. Saya berharap kita semua memegang teguh prinsip-prinsip yang sudah dibuat oleh Kemenag," lanjutnya.

Dia juga mengharapkan para pembimbing bisa memberikan pendidikan yang kompeten kepada para jamaah haji atau umroh, sekaligus menutup kegiatan SPMH angkatan VIII Mandiri 2023

"Saya berharap para jamaah bisa mendapatkan pendidikan yang standar dan kompeten. Untuk para pembimbing haji, mari kita mulai dari sekarang kita pelihara dan jaga mata, telinga, hati, tangan, dan pikiran," ujarnya.

"Marilah kita tutup Kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan VIII Mandiri tahun 2023 dengan ucapan Alhamdulillahirabbilalamin," tutupnya.

Tak hanya itu, Ketua Panitia Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan VIII ini juga mengumumkan 10 peserta terbaik dalam kegiatan tersebut. (Hikmah/A)

  • Bagikan