Antisipasi Pelanggaran Pemilu, Ketua Bawaslu Sulsel Minta Jajaran Lakukan Mitigasi Kerawanan

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli saat menghadiri  Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Lapangan Karebosi Makassar, Selasa (17/10/2023). (Foto: Fahrullah)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan telah meminta kepada jajaran pengawas di semua tingkatan, untuk rutin memitigasi kerawanan sebagai  pencegahan atau antisipasi pelanggaran pemilu.

"Dalam IKP yang dirilis Bawaslu belum lama ini, Sulsel sebenarnya berada pada tingkat rawan rendah, meski begitu kita harus tetap memastikan secara berkala identifikasi terhadap kerawanan ditiap tahapan, ini penting," kata Mardiana Rusli.  usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Lapangan Karebosi Makassar, Selasa (17/10/2023).

Misalnya kata Mardiana, nilai agregat Provinsi Sulsel secara indeks kerawanan pemilu (IKP) ada di posisi rawan rendah, akan tetapi pada dimensi sosial politik, Sulsel masuk 10 Provinsi tertinggi.

Di tingkat kabupaten/kota ada tiga daerah yang memiliki predikat rawan tinggi untuk dimensi serupa, yakni Bulukumba, Parepare dan Jeneponto.

"Ini salah satu alasan kita mendorong jajaran untuk rutin melakukan mitigasi, dengan membaca dan memitigasi kerawanan pemilu, harapannya kita akan mampu menekan segala kerawanan di Pemilu 2024 mendatang," harapnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan