Jelang Penetapan DCT, Polres Tator Gelar Simulasi SISPAMKOTA

  • Bagikan
Simulasi bersih SISPAMKOTA, di Pelataran Kolam Makale, Selasa, 17 Oktober 2023.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Menjelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada pemilihan umum (pemilu) 2024, jajaran Polres Tana Toraja (Tator) gelar apel pasukan Operasi Mantap Brata 2023 - 2024, yang dirangkaikan dengan simulasi bersih SISPAMKOTA, di Pelataran Kolam Makale, Selasa, 17 Oktober 2023.

Gelar apel pasukan Operasi Mantap Brata 2023 - 2024 ini dihadiri Wakil Bupati Tator, dr. Zadrak Tombeg, Ketua KPU Tator Berty Paluangan, Ketua Bawaslu Tator Elis Mangesa didampingi komisioner dan sejumlah instansi terkait.

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malaccopo kepada media usai simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Polres siap mengawal dan mengamankan semua tahapan pemilu hingga selesai.  Dan berharap dengan adanya simulasi ini personil dalam melakukan pengamanan sepanjang tahapan profesional dan selalu siap dalam segala kondisi.

"Kami berharap kepada semua stakholder terkait, pemerintah masyarakat bahwa terselenggaranya pemilu yang aman dan sukses ada tanggangjawab kita semua karena itu marilah kita bersama-sama menjaga keamanan demi suksesnya Pemilu," pungkas Malpa. 

Terpisah wabup Tator, dr. Zadrak Tombeg kepada media mengapresiasi jajaran Polres dan hal ini menandakan bahwa Polres siap mengawal dan mengamankan tahapan pemilu hingga selesai, namun dirinya berharap kejadin yang terjadi dalam simulasi tidak terjadi karena dirinya percaya masyarakat Tator semua sudah sadar dan paham berpolitik yang baik.

Sementara itu ketua KPU Tator, Berty Paluangan saat dimintai tanggapan terkait kegiatan tersebut, dirinya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Tator.

Dikatakan Berry bahwa dengan adanya kegiatan tersebut menandakan kesiapan Polres dalam mengamankan proses Pemilu 2024 baik sebelum, saat pemungutan suara maupun pasca pemungutan suara hingga proses Rekapitulasi Suara.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Kapolres Tana Toraja bersama seluruh jajaran yang selalu punya komitmen terciptanya Pemilu Damai. Tentunya juga kegiatan ini juga menjadi semangat bagi kita semua bahwa suksesnya Pemilu 2024 yang aman dan damai bukan saja tanggung jawab KPU, tetapi semua pihak (stakeholder) harus berperan serta di dalamnya," pungkas Berty.

Senanda dengan itu ketua Bawaslu Tator, Elis Mangesa mengapresiasi kegiatan simulasi yang menandakan bahwa jajaran Polres siap mengawal dan mengamankan Pemilu dan siap berkolaborasi dengan semua pihak dalam melakukan pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dan berharap tahapan hingga hasil pemilu nanti bisa berjalan dengan baik dan sukses. (Cherly)

  • Bagikan