240 Nelayan Gowa akan Beralih ke Bahan Bakar Gas

  • Bagikan
TERIMA BANTUAN. Nelayan Kabupaten Gowa menerima distribusi paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk mesin kapal penangkap ikan bagi nelayan di Lesehan Beroangin, Kecamatan Parangloe, Kamis (19/10/2023).

GOWA, RAKYATSULSEL - Sebanyak 94 nelayan di Kabupaten Gowa menerima distribusi paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk mesin kapal penangkap ikan bagi nelayan di Lesehan Beroangin, Kecamatan Parangloe, Kamis (19/10/2023).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gowa, Marzuki mengungkapkan, di Kabupaten Gowa saat ini tercatat ada 24 kelompok dengan total 240 nelayan yang merupakan binaan Dinas Perikanan Kabupaten Gowa.

Dia menambahkan, untuk bantuan tahap awal ini sebanyak 94 orang. Sehingga kedepannya 194 nelayan lainnya juga akan memperoleh distribusi paket konversi BBM ke BBG.

"Data yang ada sekarang dari 24 kelompok yang dibina oleh Dinas Perikanan terdiri dari 240 nelayan, 240 nelayan sementara ini yang dapat baru 94 berarti masih ada 146 yang kedepannya akan kami usulkan ke Kementerian untuk memperoleh bantuan BBG juga," kata Marzuki.

Marzuki menjelaskan bahwa masing-masing nelayan menerima satu alat mesin dan dua tabung gas. "Setiap nelayan dua mendapatkan bantuan 2 tabung gas biasa 3 kilogram dan satu buah mesin, diharapkan mereka jauh lebih hemat dan tentunya tidak ada lagi polusi di laut atau perairan kita karena penggunaan BBM," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Gowa, Mappasomba mengatakan, penyerahan konversi BBM ke BBG ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan perekonomian nelayan yang ada di Kabupaten Gowa.

Penggunaan BBG juga diharapkan bisa lebih menghemat pengeluaran nelayan. Apalagi, penggunaan BBG dinilai lebih ramah lingkungan.

"Adanya konversi ini juga dinilai lebih ramah lingkungan, mengurangi dari polusi udara maupun menghindari terjadinya polusi di laut," jelas Mappasomba.

Penyerahan bantuan konversi BBM ke BBG kepada masing-masing nelayan secara gratis merupakan pertama kali di Kabupaten Gowa. Nantinya, akan disediakan pangkalan pengisian khusus gas para nelayan di Kecamatan Manuju dan juga Parangloe sehingga memudahkan nelayan untuk melakukan pengisian tabung gas.

"Untuk memudahkan nelayan mengisi tabung maka kita akan bentuk disana pangkalan khusus untuk menangani nelayan. Kemudian untuk kelanjutannya memang kita berharap bahwa nelayan ini memanfaatkan paket BBG yang diberikan dengan baik dan tidak bisa diperjualbelikan, " tegasnya.

Sekadar informasi, bantuan ini memasuki sasaran wilayah III Tahun 2023. Program kemitraan antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII DPR RI ini sebagai upaya dalam mendorong upaya nelayan untuk beralih ke penggunaan bahan bakar gas.

Pada penyerahan bantuan konversi BBM ke BBG ini disaksikan langsung oleh anggota DPR RI Komisi VII, Ridwan Wittiri, Camat Manuju, Camat Parangloe beserta Tripika masing-masing, hadir pula Anggota DPRD Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gowa Andi Hikmawati A. Kumala Idjo. (*)

  • Bagikan