Raih Penghargaan KIP, Alamsyah: Bukti Kemudahan Mengakses Data dan Informasi Bawaslu

  • Bagikan
Bawaslu Sulsel raih predikat informatif berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang dilakukan Bawaslu RI tahun 2023.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Sulsel meraih predikat informatif berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang dilakukan Bawaslu RI tahun 2023. Capaian ini merupakan capaian kedua berturut-turut di tahun 2022 lalu.

Anggota Bawaslu Sulsel, Alamsyah berharap capaian ini dapat dipertahankan dan diikuti oleh Bawaslu daerah. prestasi ini merupakan bukti pengakuan kerja-kerja Bawaslu Sulsel dan jajaran dalam mewujudkan akses informasi publik berdasarkan metode penilaian yang terukur.

"Kami berharap prestasi ini dapat menjadi standar bagi Bawaslu Provinsi Sulsel dan Bawaslu Kabupaten/Kota sebagai wujud komitmen Bawaslu terhadap keterbukaan informasi publik," kata Alamsyah.

Koordinator Divisi Humas dan Data Informasi itu menegaskan raihan sebagai lembaga informatif merupakan bukti komitmen Bawaslu Sulsel untuk mewujudkan keterbukaan sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

"Ini juga sebagai pendorong terwujudnya visi Bawaslu menjadi lembaga pengawas pemilu terpercaya, serta sebagai pendorong suksesnya program pengawasan partisipatif," lanjutnya.

Mantan ketua KPU Pinrang ini memandang mewujudkan lembaga pengawas pemilu yang terpercaya tidak lepas dari adanya kepercayaan publik yang terbangun baik secara kuantitas dan kualitas data yang dikelola serta disebarluaskan Bawaslu.

"Kemudian ini juga merupakan bukti atas kemudahan mengakses data dan informasi Bawaslu, serta pengakuan dan perlindungan data pribadi," jelasnya. (Fahrullah/B) 

  • Bagikan