Kanwil Kemenkumham Sulsel Kenalkan Merek Lokal di Festival Merek 2023 Jakarta

  • Bagikan
Kanwil Kemenkumham Sulsel berpartisipasi sebagai peserta pameran Merek Festival 2023.

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) turut berpartisipasi sebagai peserta pameran dalam Merek Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), bertempat di Lapangan Merah Kemenkumham, Jakarta.

Kegiatan Merek Festival 2023 diselenggarakan pada tanggal 23 - 25 Oktober 2023 dan dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Min Usihen.

"Merek Festival dengan tema Cinta Lokal Sentuhan Global: Merek Kita, Cerita Kita Bangga di Panggung Dunia merupakan puncak rangkaian kegiatan penutupan Tahun Tematik Merek 2023 dan penetapan tahun 2024 sebagai Tahun Tematik Indikasi Geografis,” ujar Min mengawali sambutannya.

Selanjutnya Min menyampaikan bahwa keragaman merek-merek kebanggaan dalam negeri yang hadir dalam Merek Festival 2023 ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi dan daya kreativitas yang besar.

"Exposure terhadap merek-merek ini diharapkan dapat mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing, baik di pasar domestik maupun di pasar global,” harap Min.

Pada Merek Festival 2023 ini, Kanwil Kemenkumham Sulsel turut berpartisipasi dengan memamerkan dan menjual sejumlah produk Indikasi Geografis (IG), yakni Kopi Arabika Rumbia Jeneponto dan Beras Pulut Mandoti Enrekang. Keduanya merupakan produk IG yang memiliki kualitas dan karakteristik produk yang tidak ditemui di wilayah atau daerah lain.

Selain itu juga terdapat Merek produk lokal UMKM dari wilayah Sulawesi Selatan dan Merek Kolektif yang dijual dan dipamerkan guna mensukseskan Program One Village One Brand (OVOB).

Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak mengatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Sulsel di Tahun 2023 ini telah berhasil menghimpun dan mengajukan permohonan Merek Kolektif sebanyak 27 permohonan ke DJKI.

"Kanwil Sulsel terus mendorong peningkatakan permohonan merek melalui pendampingan dan diseminasi merek yang intens dan secara serius melakukan kunjungan secara langsung ke daerah yang mengajukan merek secara kolektif," Ujar Liberti.

Dalam kesempatan hari pertama pameran, stand Kanwil Kemenkumham Sulsel sempat mendapatkan kunjungan dari Dirjen KI, Min Usihen, Staff Khusus Menteri Hukum dan HAM R.I. Bidang Hubungan Luar Negeri, Linggawaty Hakim, Direktur Merek dan Indikiasi Geografis, Kurniaman Telambanua, Direktur Paten, Rahasia Dagang dan DTLST, Yasmon, serta Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Anggoro Dasananto. (*)

  • Bagikan