Kekuatan PPP Dapil Sulsel II: Target Raih Dua Kursi, Andalkan Bacaleg Bedah Konstituen

  • Bagikan
(Dokumen Rakyat Sulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan meraih dua kursi dengan harapan seluruh bakal calon legislatif (bacaleg) mereka melaksanakan bedah konstituen atau konsolidasi hingga ke akar rumput untuk menghadapi pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Sekretaris PPP Sulsel, Nur Amal mengatakan, dari sembilan bacaleg PPP di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel II untuk DPR RI, mereka memiliki daerah basis yang hampir berbeda-beda. Seperti kandidat peratahan M Aras di Kabupaten Barru, Andi Nurhayati Zainuddin di Kabupaten Soppeng, Muh Yasir di Kabupaten Bone serta mantan Bupati Maros dua periode Hatta Rahman di Kabupaten Maros.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya optimis PPP Sulsel mampu meraih perolehan suara dua kursi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Adanya komposisi bacaleg tersebut, sampai saat ini kita memiliki keyakinan masih bisa mempertahankan bahkan menambah raihan kursi," ungkap Nur Amal saat dikonfirmasi Harian Rakyat Sulsel, Senin (30/10/2023).

Nur Amal juga membeberkan bahwa bacaleg mereka sudah mewakili daerah mereka masing-masing. Apalagi terhadap jumlah pemilih yang cukup besar seperti di Kabupaten Bone dan Maros. "Dengan pergerakan maksimal bacaleg di daerah mereka masing-masing, maka kita bisa mengamankan satu kursi bahkan bisa menambah," jelasnya.

Sementara itu, Muh Aras menyebutkan sebagai kandidat petahana, dirinya saat ini hanya bisa memperlihatkan agar kinerja mereka saat menjadi anggota DPR RI masa bakti 2019-2024. "Kalau kerja kita bagus dilihat oleh masyarakat pasti kami mendapatkan dukungan," harapnya.

Disinggung untuk persaingan internal saat ini ada beberapa penatang mulai dari Nurhidayanti Zainuddin yang naik kelas, matan Bupati Maros dua periode Hatta Rahman hingga mantan calon legislatif Golkar H Yasir.

Mantan Ketua DPW PPP Sulsel ini mengemukakan jika dia hanya fokus bagaimana PPP tetap mempertahankan kuris yang saat ini ada. "Kita fokus untuk mendapatkan kursi. Persoalan duduk takdir yang akan menentukan," ujarnya.

Namun, dia berupaya bagaimana PPP bisa meraih dua kursi walau itu perjuangan cukup berat. "Siapa tau dukungan masyarakat bisa maksimal (bisa meraih dua kursi). Intinya kami ini bekerja saja (mencari suara sebanyak-banyaknya)," jelas Muh Aras.

Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menyatakan, kehadiran beberapa tokoh di PPP mampu mengamankan satu kursi untuk Sulsel dua untuk DPR RI. "Kehadiran Hatta Rahman dan pak Yasir di dapil tersebut, mampu mendongkrak suara PPP," katanya.

  • Bagikan