KPU Sulbar Tetapkan DCT Pada Pemilu 2024

  • Bagikan
KPU Sulbar saat melakukan Rapat Penetapan DCT Anggota DPRD Sulbar Pada Pemilu 2024 mendatang. (Foto: Sudirman/Rakyatsulsel).

MAMUJU, RAKYATSULSSEL.CO - Menjelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Calon Anggota DPD RI Dapil Sulbar pada Pemilu 2024, diaula Kantor KPU Sulbar, Jumat (3/11).

Penetapan DCT tersebut dihadiri langsung oleh 18 Partai peserta pemilu, selain itu para LO DPD RI pun ikut dalam penetapan DCT tersebut.

Ketua KPU Sulbar  Said Usman menyampaikan, penetapan DCT ini  dilakukan setelah melalui  berbagai proses yang begitu panjang. Kurang lebih enam (6) bulan, proses pencalonan Anggota DPRD Sulbar berlangsung mulai proses penyerahan pencalonan tanggal 1 sampai 14 Mei, dimana yang awalnya sebanyak 743 bakal calon hingga ditetapkan 500 orang. 

Dimana keputusan Penetapan DCT tersebut  diserahkan langsung oleh Pimpinan KPU Sulbar kepada masing-masing partai politik dari 18 peserta pemilu.

"Hari ini, kami telah menetapkan DCT  500 Calon DPRD Sulbar dari 18 peserta pemilu dan sekaligus kami juga menyerahkan keputusan tentang DCT Anggota DPRD Sulbar kepada masing-masing partai politik dan persetujuan foto dan nama Caleg DPD RI yang hari ini akan di tetapkan oleh KPU RI,"pungkasnya.

Said Usman pun memastikan, tidak ada mantan narapidana yang belum sampai masa jeda 5 tahun diloloskan jadi calon Anggota DPRD Sulbar. Dia menjelaskan, pihaknya sudah menggagalkan mantan narapidana pada verifikasi administrasi.

"Ada mantan terpidana yang belum sampai masa jeda 5 tahun. Itu yang kemudian Tidak Memenuhi Syarat (TMS) di masa verifikasi pencalonan," tutur Said Usman. (Sdr)

  • Bagikan