Kekuatan NasDem Dapil Sulsel II: Tarung Bebas Raih Kursi Senayan

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Persaingan calon legislatif (caleg) Partai NasDem di daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan II sangat menarik untuk disaksikan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pasanya, Hasanah Syam yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI tak lagi maju pada pesta demokrasi 2024, namun istri Bupati Kabupaten Barru, Suardi Saleh tersebut mendorong putranya, yakni Teguh Iswara Suardi sebagai pengganti.

Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Partai NasDem Sulsel, Tobo Haeruddin mengakui, tidak adanya petahana yang ikut kembali bersaing di dapil Sulsel II, maka dipastikan mereka dapat bersosialisasi dengan optimal.

"Saya kira mereka semua ini bergerak untuk bisa meraih suara sebanyak-banyaknya. Intinya, bagaimana kita bisa meraih satu kursi kalau bisa sampai dua kursi," ungkapnya saat dikonfirmasi Harian Rakyat Sulsel, Minggu (11/5/2023).

Oleh karena itu, kata Tobo, NasDem Sulsel sangat memberikan dukungan kepada seluruh caleg khususnya di dapil Sulsel II karena mereka bersaing tanpa ada petahana.

"Kita harap mereka maksimal bersosialisasi ke masyarakat agar dapat mengunci satu kursi di dapil Sulsel II. Jangan sampai ada yang menjadi penonton," ucapnya.

Apalagi, tambah Tobo, semua kader ini memiliki basis tersendiri, seperti Teguh di Kabupaten Barru, Sahiruddin di Kabupaten Maros, Desy Susanty Sutomo di Kabupaten Wajo hingga Muallim Tampa di Kabupaten Sinja.

"Politik dan ukuranya suara dan kursi. Semua pendatang baru ini semuanya telah memiliki tingkat kepedulian kepada masyarakat diatas rata-rata," tuturnya.

Apalagi, Tobo juga bilang bahwa Desy Susanti yang saat ini menjadi anggota DPRD Sulsel dua periode tidak diragukan lagi untuk dapat meraih suara yang maksimal. "Tinggal bagaimana dia poles dirinya di Kabupaten lain," jelasnya.

Sementara itu, Desi Susanti menyatakan bahwa saat ini dirinya lebih intens melakukan kerja-kerja politik dan menemui masyarakat. "Tetap ditemui masyarakat, baik itu agenda kantor (DPRD Sulsel) maupun diluar kantor," singkatnya.

Sedangkan, Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir mengemukakan, walau NasDem tidak memiliki petahana, namun basis Hasnah Syam pasti berpindah ke anaknya.

"Walaupun Ibu Hasnah tidak maju, tapikan Teguh anaknya. Jadi Teguh saya kira masih bisa diperhitungkan, karena Barru masih bisa menjadi basisnya," katanya.

Dirinya melihat jika ada beberapa caleg Nasdem sudah masih melakukan sosialisasi, mulai dari Teguh, Sahiruddin, Desy Susanti dan Muslimin Tappa.

"Walaupun Ibu Hasnah tidak maju, saya kira Nasdem masih berpeluang untuk mengamankan satu kursi," pungkasnya. (Fahrullah/C)

  • Bagikan