Panitia Seleksi CPNS Kemenkumham di Makassar Bongkar Praktik Joki

  • Bagikan
Pelaku Joki CPNS Kemenkumham

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kecurangan dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rupanya masih terjadi. Baru-baru ini, salah seorang joki CPNS inisial MH, di Kota Makassar terpaksa berurusan dengan polisi usai menyusup masuk ke ruang ujian menggantikan seorang peserta inisial SM.

Pemuda berusia 24 tahun itu ditangkap saat sedang menjalankan misinya dengan menggantikan SM untuk menjalani tes SKD di Universitas Islam Makassar (UIM), pada Minggu (12/11/2023) lalu.

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea, Iptu Jeriyadi saat dikonfirmasi mengenai kejadian tersebut membenarkan. Dikatakan, pihaknya telah menangkap MH dan saat ini sudah diserahkan ke Polrestabes Makassar untuk di proses hukum.

"Benar, ada diduga joki CPNS kami amankan, awalnya diamankan panitia (tes CPNS). Tapi pelakunya sudah kita serahkan ke Polrestabes," ujar Jeriyadi, Selasa (14/11/2023) sore

Diceritakan, modus MH terbongkar saat panitia seleksi CPNS menaruh curiga saat proses registrasi dilakukan terhadap MH. Pasalnya postur tubuh MH dan foto yang diunggah saat pendaftaran terlihat berbeda.

Di mana, secara fisik MH disebut memiliki tubuh yang berisi atau gemuk, sementara di foto kartu peserta terlihat kurus. Meski begitu, MH awalnya tetap dibiarkan masuk mengikuti CAT oleh panitia.

Namun kecurigaan panitia memuncak setelah hasil tes SKD milik MH mendapat nilai tertinggi ketiga di sesinya, yakni 416. Panitia pun memutuskan untuk menginterogasi MH hingga dia mengaku bahwa dirinya adalah joki. 

"Setelah panitia semakin curiga, dia kemudian memanggil si joki itu. Pas diinterogasi, joki itu mengakui perbuatannya kalau dia menggantikan SI untuk mengikuti ujian (CPNS) Kemenkumham pada hari ini 14 November 2023," terangnya.

MH disebut mengakui bahwa dirinya adalah sepupu SI, sehingga dia mau menggantikan SI untuk mengikuti tes CPNS. MH juga memastikan bahwa dirinya tak diimingi imbalan apapun.

Asal MH disebut berasal dari Sulawesi Barat, sementara sepupunya itu dari Sinjai Utara. "Dari informasi awal, katanya dia sepupu dengan yang diwakili (SI)," terangnya. (Isak/B)

  • Bagikan