PKS Miliki Kader Militan

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pakar Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto menyebutkan bahwa PKS itu sangat menarik untuk dibahas. Partai ini tidak punya tokoh besar, tetapi punya kader yang sangat militan.

"Dan kader itu sangat solid. Itu yang membuat PKS kokoh. Tidak terlalu populer, tetapi dampak pergerakan itu luar biasa," ucapnya, Kamis (12/7/2023).

Andi Ali juga menilai, PKS bisa memberi kejutan di tengah pesimisme orang-orang melihat PKS dengan kemunculan Partai Gelora. Walaupun tidak akan meroket seperti Nasdem dan Gerindra, tetapi PKS kursinya tidak akan terlalu jauh turun, jika pun turun.

"Saya prediksi bahwa PKS tidak akan jauh dari tahun sebelumnya. Dia naik atau turun, tapi tidak akan jauh dari tahun sebelumnya. Baik Makassar, maupun Sulsel," ujarnya.

Ali juga menilai, PKS itu sangat kuat di desa-desa. Termasuk perkotaan, yang berbasis masjid ke masjid, itu sangat kuat. Apalagi banyak isu berkembang di masyarakat yang membuat masyarakat menjadi resistensi terhadap PDIP dan berpotensi membuat PKS sebagai alternatif.

"Karena penelitian saya, jamaah-jamaah masjid itu memang sekarang sangat resistensi dengan PDIP dan mereka banyak membahas PKS," ungkapnya.

Terutama ketika PKS mengusung Anies Baswedan. itu disambut sangat baik oleh kelompok-kelompok islam. Sehingga menurut Ali, PKS juga akan mendapatkan efek ekor jas Anies Baswedan.

"Itu juga faktor yang akan mendorong perolehan suara PKS dengan pilihan dukungan presiden ya ke Anies," tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan