Golkar Sulsel Belum Ambil Langkah Tegas

  • Bagikan
Andi Muhammad Ishak

Terkait Kadernya Memilih Menangkan Pasangan Capres AMIN

MAKASSAR, RAKSUL - Wakil Ketua DPD II Golkar Kabupaten Gowa, Andi Muhammad Ishak memilih memenangkan calon presiden dan wakil presiden AMIN pada Pilpres 2024 mendatang.

Andi Ishak mengambil sikap yang berbeda dengan partainya yang mendukung Capres-Cawapres Prabowo-Gibran.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe enggan berkomentar terkait sikap kader Golkar Gowa yang juga kakak ipar Syahrul Yasin Limpo (SYL) itu memilih memenangkan AMIN.

"Belum ada sanksi, karena urusan DPP. Tentu saya tidak mau mengomentari itu karena saya belum melihat fakta," tegas Taufan Pawe, Selasa (12/12/2023).

Apalagi, kata TP, baru-baru ini Andi Ishak terlihat masih ikut kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye di Hotel Mercure, Makassar, Minggu (10/12/2023) lalu.

TP menilai, Andi Ishak masih ikuti bimtek ini jadi masih dianggap dia kader Golkar yang militan di partai tersebut.

"Masih kader, karena ikut Bimtek. Kalau toh ada berita bahwa dia mendukung capres yang lain di luar kebijakan partai itu dikembalikan nanti kepada pimpinan partai di DPP," jelas TP.

Ditanyakan soal apakah Andi Ishak akan dilaporkan ke DPP Golkar atas sikapnya itu, TP juga mengaku enggan berkomentar lebih jauh. Dia mengaku ingin caleg fokus memenangkan Golkar di Pileg.

"Saya tidak mau terlalu jauh berkomentar seperti itu, saya tidak mau mereka pada akhirnya down, saya mau mereka tetap bersemangat sebagai kader Golkar, memenangkan dan mendapatkan kursinya," ujar mantan Wali Kota Parepare ini.

Sementara itu, Partai NasDem Sulsel menyambut baik Andi Muhammad Ishak yang secara terang-terangan menyatakan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin.

"Di mana ipar pak SYL itu berani berbeda pilihan dengan partainya yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran pada ajang Pilpres 2024. Kami respon positif dari pihak Partai NasDem Sulsel sebagai salah satu partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan pengusung pasangan AMIN," kata Ketua OKK DPW NasDem Sulsel, Tobo Haeruddin.

Namun, kata Tobo, NasDem tidak akan turut mencampuri terkait dengan sanksi Golkar untuk Andi Ishak. Tidak, pihaknya, tidak mau mengomentari (sanksi Gokar untuk Andi Ishak).

"Tidak ikut campur, itu internal mereka. Tetapi secara normatif dan juga dari segi pandangan politis, itu tetap kita sambut baik. Kita (NasDem) akan buatkan dia karpet merah," ujarnya.

Tobo mengakui bahwa pernyataan Andi Ishak memang sangat beresiko sebab dukungannya berseberangan dengan partainya sendiri. Namun dukungan itu, menurut dia, muncul karena Andi Ishak merupakan tokoh yang menginginkan perubahan sesuai dengan tagline pasangan AMIN.

"Bukan isu, ini faktanya. Memang beresiko karena dia mengatakan, bahwa saya dengan jalan ini yang bisa memperbaiki dan melakukan perubahan terbaik untuk bangsa," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Golkar Kabupaten Gowa Andi Muhammad Ishak mengubah haluan dukungan pada Pilpres 2024. Ishak menyatakan dukungannya untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) ketimbang Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Di Pilpres saya dukung Anies, karena walaupun partai Golkar mendukung Prabowo-Gibran, saya secara pribadi mendukung Anies, (alasannya) sesuai hati nuraniku," kata Ishak.

Ishak juga mengaku tidak ada paksaan dalam menentukan pilihannya di Pilpres 2024. Dia bahkan sudah siap dengan segala konsekuensi dari Golkar.

"Tidak bisa dipaksa dan apapun resikonya saya harus terima karena hati nurani yang paling menentukan dalam pilihan ini," ujarnya.

Andi Muhammad Ishak yang merupakan kader Partai Golkar menolak mendukung Prabowo-Gibran yang merupakan usungan partainya. Namun, Andi Ishak ini malah mendukung Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar secara terang-terangan.

Andi Muhammad Ishak ini merupakan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Gowa, Sulsel. Ia terpilih sejak 2021 lalu. Andi Ishak bertarung dengan 2 calon lainnya, yakni HM Yusuf Sommeng dan Hoist Bachtiar.

Andi Ishak ini juga merupakan suami dari Tenri Olle Yasin Limpo atau kakak ipar Syahrul Yasin Limpo (SYL). Andi Ishak merupakan mantan Ketua DPRD Gowa periode 2018-2019. Dia sekarang tercatat sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Sulsel di daerah pemilihan (Dapil) III Sulsel meliputi Kabupaten Gowa dan Takalar.

Istrinya pun akan maju di DPR RI Dapil Sulsel 1 dengan menggunakan kendaraan NasDem. Tenri Olle Yasin Limpo ini juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Gowa pada 2009-2014. Tenri Olle Yasin Limpo juga pernah duduk di DPRD Sulsel fraksi Golkar pada 2014-2019. (Suryadi/B)

  • Bagikan