Hari Ibu: 404 Caleg Perempuan Siap Rebut DPRD Sulsel

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kiprah perempuan di panggung politik masih sangat minim dimana perempuan masih dianggap belum mampu untuk melebarkan sayapnya di panggung politik.

Lantas bagaimana peran emak-emak kedepan. Bertepatan tanggal 22 Desember memperingati hari ibu. Bentuk peringatan tersebut bersifat tak sekadar domestik saja, tetapi ada yang memperingati dengan hal-hal bermakna dan bersifat edukatif guna refleksi untuk mengenang jasa perjuangan kaum perempuan.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan bahwa dalam DCT dari masing-masing parpol terhadap 85 caleg hampir rata-rata terdapat caleg perwakilan perempuan.

"KPU menetapkan 1.138 DCT lewat rapat pleno serentak pada tanggal 3 dan diumumkan ke publik tanggal 4 November 2023. Jumlahnya  persentase perempuan 404 orang," singkatnya, Kamis (21/12/2023).

Menurut pengurus IKA Unhas itu, dalam penetapan DCT KPU  merujuk pada ketentuan Pasal 85 Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

"Sesuai PKPU, saat sebelum penetapan DCT anggota DPRD Provinsi pada Pemilu 2024, kami lakukan verifikasi jumlah yang memenuhi syarat untuk masuk DCT dari 18 parpol di Sulsel," katanya.

Sesuai data yang dihimpun wartawan Harian Rakyat Sulsel, jika berkaca pada pemilu 2019 lalu. Dari 4 kursi DPD RI hanya 1 perwakilan perempuan. Sedangkan kursi DPR RI yang kuota 24, hanya 5 perempuan duduk di Senayan. Sedangkan DPRD Sulsel dari total 85 kursi, hanya 23 orang mewakili kaum perempuan terpilih.

Memasuki pemilu 2024 tentu momentum bagi Perempuan tampil lebih semangat di panggung politik. Baik pileg dan pilkada untuk mengisi jabatan strategi.

Sesuai DCT 2024, untuk calon senator DPD RI kini 18 orang, mayoritas laki-laki, hanya 2 perempuan representasi kaum Hawa. Sedangkan caleg DPR RI sebabnya 406 orang dari dapil Sulsel, hanya 140 perempuan.

Dan untuk DPRD Provinsi 2024, sebanyak 1.138 caleg DPRD Provinsi Sulsel akan memperebutkan 85 kursi. Kini 404 masuk dalam DCT persaingan nantinya.

Secara terpisah, Rosniaty Aziz selaku Presidium Nasional Perempuan Ibu Rumah Tangga, Koalisi Perempuan Indonesia. Berharap momentum hari ibu 2024 dan pemilu, partai politik untuk memberikan ruang kepada kaum perempun.

"Partai politik wajib memastikan bagi caleg Perempuan di partai politik, partai wajib memastikan suara Perempuan terjaga dan tidak dicurangi," harapnya, saat dimintai tanggapan.

  • Bagikan